RABU , 19 DESEMBER 2018

Jelang Lebaran, PU Prioritaskan Ruas Jalur Mudik

Reporter:

Niar

Editor:

Rabu , 06 Juni 2018 16:51

PAREPARE, RAKSUL.COM — Jelang arus mudik hari raya IdulFitri, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Parepare dan Balai Besar Jalan (BBJ) Provinsi Sulawesi Selatan, diminta fokus pada pemeliharaan jalan. Terkhusus ruas jalan yang menjadi akses arus mudik, untuk dilakukan penambalan atau perbaikan di ruas-ruas jalan yang berlubang atau rusak.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Parepare, Anasdar, yang ditemui Rabu, 30 Mei, mengaku, untuk tahun ini sudah ada beberapa ruas jalan yang dilakukan perbaikan.

“Pemeliharaan kita lakukan rutin setiap tahun, dengan cara penambalan. Tiap tahun kita anggarkan sebesar Rp500 juta,” katanya.

Menurut dia, jelang Idul Fitri ini, pihaknya akan kembali turun melakukan survei untuk mencari ruas jalan yang telah rusak atau berlubang.

“Sekitar 304, 39 kilometer panjang jalan di Kota Parepare, bakal kita survei kembali, guna mencari ruas jalan yang butuh perbaikan dan pemeliharaan. Agar arus mudik IdulFitri, dapat berjalan normal dan aman,” ujarnya.

Hanya saja lanjut dia, ada beberapa ruas jalan yang diprioritaskan. Lantaran menjadi jalur lintasan utama pengendara saat arus mudik.

“Seperti, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Agussalim, Jalan Mattirotasi, Jalan Lahalede dan Jalan Panca Marga,” ungkapnya.

Balai Besar Jalan, Panji, yang dihubungi terpisah mengaku, pemeliharaan jalan yang menjadi tanggungjawab Balai Besar Jalan, rutin dilakukan pemeliharaan.
“Kami berusaha sebelum H-10 hari raya IdulFitri, kondisi jalan siap difungsionalkan menghadapi arus mudik,” katanya.

Bahkan lanjut dia, pihaknya menyiapkan posko pemantauan jalur lebaran di dua daerah, seperti Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang.

“Untuk kenyamanan pengguna jalan dalam arus mudik, akan segera kita tindaklanjuti jika ada keluhan atau laporan,” ujarnya. (MP1)


div>