SABTU , 20 OKTOBER 2018

Jelang Natal dan Tahun Baru, DPRD Makassar Minta Tertibkan Gepeng

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 06 Desember 2016 19:41
Jelang Natal dan Tahun Baru, DPRD Makassar Minta Tertibkan Gepeng

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Menjelang perayaan natal dan tahun baru, gelandangan dan pengemis (Gepeng) di kota Makassar diprediksi akan mengalami peningkatan.

Komisi D DPRD, Kota Makassar, Iqbal Djalil menghimbau pemerintah kota (Pemkot) Makassar untuk memberikan perhatian lebih dalam menyelesaikan fenomena tersebut.

Pemkot Makassar dalam hal ini SKPD terkait harus serius melakukan penanganan. Menurut Iqbal Djalil, Kota Makassar sebagai Kota idaman perlu untuk menyelesaikan hal-hal seperti ini yang sudah meresahkan masyarakat.

“Tetap pada prinsipnya, kita berharap Makassar ini menjadi kota idaman bagi seluruh masyarakat. Kalaupun nantinya di hari tahun baru dan sebagainya, dipastikan terus membludak anak-anak gelandangan dan pengemis.
Kita minta kepada Satpolpp dan Dinas Sosial bagaimana caranya untuk melakukan pengamanan dan pengawasan agar masyarakat tidak merasa risih maupun terganggu,” ungkap Ustad Ije, sapaan akrab Iqbal Djalil, Selasa (06/12).

Ia menekankan, agar pemkot Makassar tegas dalam mengambil tindakan, jangan sampai hal seperti ini terkesan terabaikan dan tidak diperhatikan. Karena, kata Ustad Ije, dikhawatirkan persoalan gepeng yang banyak berseliweran di Kota Makassar akan menjadi budaya yang akan sangat sulit untuk dihilangkan.

“Kita juga berharap ada sikap tegas dari pemerintah kota Makassar, kepada anak jalanan ini. Jangan sampai ini dianggap sebagai budaya dan dianggap sepele. Padahal masyarakat sangat tidak merasa nyaman dengan kondisi-kondisi seperti ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Anak Jalanan Dinas Sosial (Dinsos) Makassar, Haidar Hamzah mengatakan fenomena gepeng diperkirakan akan membanjiri kota Makassar pada H-3 sebelum perayaan dimulai.

“Tentunya, langkah yang Dinsos lakukan untuk mengatasi fenomena tersebut adalah lebih meningkatkan patroli yang dilakukan oleh TRC Saribattang di 24 titik lampu merah yang berada dikota Makassar,” ungkapnya.

 


div>