SELASA , 22 MEI 2018

Jelang Pilgub Sumut, Ketua KPU Diganti, Ada Apa?

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 19 Mei 2017 10:44
Jelang Pilgub Sumut, Ketua KPU Diganti, Ada Apa?

ilustrasi(*)

RAKYATSULSEL.COM – Anggota DPRD Kota Medan mensinyalir ada yang tidak beres dalam pergantian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat dari Yenny Khairiyah Rambe kepada Herdensi Adnin. Pasalnya saat ini Kota Medan tengah bersiap menyongsong Pilkada Sumatera Utara (Sumut) 2018.

Politikus Partai Demokrat Kota Medan Hendrik Halomoan Sitompul mencurigai, ada ‘sesuatu’ di balik pergantian itu. Bahkan terkesan seperti ‘pesanan’ pihak tertentu. “Selaku politisi, kami patut mencurigai apa motif pergantian Ketua KPU Medan yang dilaksanakan KPU Sumut ini,” ujar Hendrik seperti dilansir Sumut Pos (Jawa Pos Group), Jumat (19/5).

Menurutnya, jika terjadi masalah di internal komisioner, seharusnya bisa diselesaikan tanpa harus melakukan pergantian ketua. “Ini jadi pertanyaan besar di publik, ada apa di balik ini,” katanya.

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan menilai selama ini kinerja KPU Medan sangat baik. Hal ini dibuktikan Pemilu Legislatif dan Presiden 2014 lalu serta Pilkada Medan 2015 lalu, diselesaikan tanpa ada masalah. “Kalaupun ada permasalahan, itu bukan semata dibebankan kepada ketua, tetapi merupakan kesalahan bersama,” imbuhnya.

Lebih lanjut, aktivis antikorupsi ini mengkhawatirkan pergantian tersebut merupakan contoh bagi daerah-daerah lainnya. Bukan tidak mungkin setelah KPU Medan, juga berlangsung rotasi atau reposisi di KPU daerah lain se-Sumut.  “Jika ini terjadi, dewan dan partainya akan membawa ini ke ranah DKPP. Kami akan laporkan KPU Sumut terkait pergantian ini,” cetusnya.


div>