SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Jelang UN, LPDKI UMI Road Show Zikir dan Doa di SLTA Gorontalo

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 27 Maret 2018 19:17
Jelang UN, LPDKI UMI Road Show Zikir dan Doa di SLTA Gorontalo

Sesaat sebelum acara, silaturahim di ruang Kepala SMA Negeri 1 Gorontalo.

GORONTALO, RAKYATSULSEL.COM – LPDKI UMI melakukan Road Show Zikir dan Doa menjelang Ujian Nasional (UN) di sejumlah SLTA di Kota Gorontalo, 26-29 Maret.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua LPDKI UMI Dr. M.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah fasilitator LPDKI UMI, Kepala sekolah, guru dan ratusan siswa-siswi Kelas 12. SLTA di Gorontalo yang dikunjungi antara lain; SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 , SMA Negeri 3, SMA Wirabakti, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 3, MAN Limboyo, dan MAN Gorontalo.

Kepala SMA Negeri 1 Gorontalo Dr. Muh Syaiful, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangan Tim LPDKI UMI di sekolahnya. Kegiatan sosialisasi yang dirangkaian zikir dan doa ini sangat penting untuk membersihkan qalbu siswa-siswinya menghadapi Ujian Nasional tanggal 9 April mendatang.

Selain itu, dilaporkan jumlah siswa Kelas 12 SMA Negeri 1 Gorontalo sebanyak 514 orang. Jumlah ini sebagai jumlah siswa terbanyak peserta UN se SMA di Gorontalo.

Adapun keseluruhan jumlah siswa SMA Negeri 1 sebanyak 1.476 orang dengan 40 rombongan belajar (rombel). Khusus kelas 12, ada 14 Rombel dan setiap tahun semua siswa kelas 12 lulus 100% serta meraih nilai terbaik UN tahun lalu. Diharapkan tahun ini juga akan lulus 100 %.

“Semoga Insyaa Allah dengan doa ini, semua siswa kelas 12 lulus 100%, dan lulus di Perguruan Tinggi yang diinginkan bersama, terutama bisa masuk di UMI Makassar,” kata Muh Syaiful.

Ia berharap, agar selama pelaksanaan zikir dan doa ini, semua siswa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Jangan ada yang aktifkan hp agar bisa lebih khusyu’. Walaupun di tribun terbuka ini semua kena panas matahari tapi tidak akan mengurangi keseriusan dalam acara ini,” imbaunya.

Dikatakan bahwa tahun lalu, beberapa siswa dari SMA Negeri 1 Gorontalo juga masuk kuliah di UMI dan alumni UMI telah banyak berkiprah di pemerintahan.

“Insyaa Allah akan banyak yang diterima di UMI Makassar tahun ini dari sekolahnya. Insyaa Allah UMI akan terus berjaya dan terbaik di Indonesia. Sekali lagi terima kasih pada seluruh civitas SMAN 1 Gorontalo atas kehadirannya,” jelasnya.

Sementara di tempat berbeda, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 3 Gorontalo, M Shaleh, M.Pd mengaku sangat senang atas kehadiran Tim LPDKI UMI di sekolahnya melaksanakan zikir dan doa menjelang Ujian Nasional.

Ia menjelaskan bahwa Masjid Sekolah Baitul Hamdi yang berukuran 17 x 17 meter, sampai tahun ini masih perampungan, sehingga kegiatan ini dilaksanakan di Mushalla sekolah. “Tetapi tidak akan mengurangi kekhyusu’an acara zikir dan doa ini,” harapnya.

Kepala SMA Wirabakti Gorontalo, Yusman Yusuf menyatakan, merupakan kehormatan atas kedatangan Tim LPDKI UMI di sekolah ini. Ia berharap kegiatan zikir dan do’a ini akan menjadi ajang bagi siswa-siswi SMA Wirabakti untuk mencerahkan qalbu siswa-siswinya.

Dikatakan Jusman, jumlah siswa di sekolah ini sebanyak 750 orang. SMA Terpadu Wira Bhakti merupakan Islamic Boarding School. Sekolah yang menanamkan kedisiplinan dan nilai-nilai religiusitas.

“Misalnya, saat bertemu senior, guru, atau tamu, siswa harus memberi hormat sambil mengucap assalamu ’alaikum. SMA Terpadu Wira Bhakti berada di bawah Yayasan Al-Fath Wiraga Mulia. Pendirinya adalah Uga Wiranto, istri Jenderal Wiranto. Uga memang asli Gorontalo. Selain itu, diharapkan agar sejumlah siswa-siswi setelah lulus di sekolah ini, untuk bisa melanjutkan kuliah di UMI Makassar,” harapnya.

Ketua LPDKI UMI Dr.M Ishaq Shamad, M.A menyatakan sangat senang bisa hadir di sekolah di Gorontalo. Kesan yang mendalam tentang sekolah yang tertata rapih dengan kreatifitas bunga dan tanaman. Bahkan ada Gazebo untuk literasi dan ruang tunggu bagi orang tua. Setelah perkenalan singkat, dilaksanakan kesepakatan waktu, saling menghargai, dan hp silent.

Selanjutnya dilaksanakan Game: “Ahmad berkata” dan Game “apel di Kepala”. Kemudian dijelaskan sifat dan karakter Rasulullah yang disingkat SIFAT, yakni Shiddiq, Istiqamah, Fathanah, Amanah, dan Tablig.

Dalam renungan Ketua LPDKI UMI ini mengingatkan siswa bahwa ayah tidak mengandungmu, tapi namanya dicamtumkan di belakang namamu. “Darahnya mengalir di dalam darahmu. Demikian pula ibumu sangat berjasa dalam kehidupanmu, tetapi mengapa engkau sering membohongi orang tuamu,” jelasnya.

Selanjutnya dilanjutkan zikir dan doa untuk kesuksesan siswa-siswi pada Ujian Nasional. Sejumlah siswa-siswi dan guru larut dalam suasana haru dan meneteskan air mata sambil berzikir dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Di akhir acara dijelaskan keunggulan sejumlah prodi dan prestasi mahasiswa UMI serta diedarkan brosur UMI dan angket evaluasi acara zikir dan doa. (*)


div>