JUMAT , 27 APRIL 2018

Jemaah Abu Tours Ingin Tetap Diberangkatkan

Reporter:

Irsal - Ramlan

Editor:

asharabdullah

Selasa , 10 April 2018 10:40
Jemaah Abu Tours Ingin Tetap Diberangkatkan

Suasana Posko aduan Abu Tours, di Mapolda Sulsel, beberapa waktu lalu. Foto: Ramlan/RakyatSulsel

*Pengembalian Dana Jamaah Akan Diputuskan 21 Mei 2018

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jamaah korban Abu Tour hingga kini masih berharap akan diberangkatkan meski status Hamza Mamba sudah menjadi tersangka oleh Polda Sulsel.

Salah satu agen Syahrifatmi berharap, pihak kepolisian dapat mencari solusi agar para jemaah dapat diberangkatkan oleh pihak Abu Tours tanpa dipungut tambahan biaya lagi.

“Saya mau jamaah di berangkatkan semua, tanpa tambahan biaya lagi,” harapnya

Selain itu, kata dia, agar tanggungjawabnya terhadap ratusan jemaah dapat terselesaikan. “Jadi saya mau jemaah semua diberangkatkan, itu yang perlu, karena jemaah tidak mendesak Abu Tours tetapi mereka mendesak kami sebagai mitra. Jadi saya maunya begitu agar jemaah itu aman dari saya,” katanya

“Saya juga mau agar Jemaah yang diberangkatkan itu semuanya, jangan setengah-setengah. Karena kalau hanya mengembalikan uang jemaah itu tidak seberapa, jadi intinya saya mau jemaah tetap diberangkatkan semua,” tambahnya.

Menanggapi itu, Kabid humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menuturkan pihaknya menyerahkan persoalan itu kepada pihak Departemen Agama (Depag). “Nanti Depag akan menjelaskan bagaimana uang para jamaah nanti,”terangnya

Sementara itu, pasca-putusan Pengadilan Niaga mengabulkan gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) jemaah Abu Tours.

Kini pengadilan niaga telah mengagendakan rapat pertemuan antar pihak untuk melakukan kesepakatan perdamaian.

Pengacara pemohon, Ridwan Bakar mengatakan agenda rapat perdana antara kreditur (jemaah dan vendor) dengan pihak Abu Tours akan digelar pada tanggal 19 April 2018 mendatang. “pertemuannya sudah diagendakan pada 19 April mendatang,” ujar Ridwan.

Dalam rapat tersebut nantinya akan dihadiri oleh Kreditur, Debitur dan pengurus serta hakim pengawas.

Ridwan menambahkan setelah rapat perdana tersebut maka masih ada tiga tahapan yang dilalui termasuk rapat pembahasan rencana perdamaian yang akan digelar pada tanggal 17 Mei 2018.

Keputusan apakah Abu Tours akan mengembalikan biaya jemaah akan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2018.

Tim pengurus yang nantinya akan memfasilitasi pertemuan antara kedua pihak ialah Tasman Gultom. Tasman Gultom yang nantinya yang akan menjadi tim pengurus PKPU Abu Tours.

Selain itu, Hakim pengawas yang turut serta dalam setiap pertemuan ini ialah Baslin Sinaga.

Ada sembilan agen dengan jumlah 1.282 jemaah yang memilih menggugat perdata kepada Abu Tours, beserta Hamzah Mamba dan istrinya. Total ada dana Rp.18.203.546.000 miliar yang dituntut jemaah untuk dikembalikan. Biaya ini merupakan jumlah biaya yang telah jatuh tempo.

Selain jemaah, ada juga satu vendor yang menggugat Abu Tours. Vendor tersebut merupakan jasa penyedia tiket yang menuntut dananya dikembalikan oleh Abu Tours. Ada Rp.2.612.900.000 miliar dana yang diduga digelapakan oleh pihak Abu Tours. (ibo-mg02/C)


div>