RABU , 17 OKTOBER 2018

Jenazah Korban Hercules C-130 HS Sudah Diidentifikasi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 18 Desember 2016 17:27
Jenazah Korban Hercules C-130 HS Sudah Diidentifikasi

Puing-puing pesawat Hercules A-1334 yang ditemukan di pegunungan Wamena, Papua, Minggu (18/12). foto: jpnn

JAKARTA – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama TNI AU Jemi Trisonjaya, menyatakan, 13 korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 HS telah dievakuasi di Bandara Wamena, Papua.

“Yang sudah teridentifikasi sepuluh korban, dan tiga korban masih dalam proses identifikasi,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (18/12).

Diketahui, pesawat dengan nomor penerbangan A-1334 tersebut hilang kontak pada pukul 06.09 WIT, dan terjatuh di Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Jayawijaya. Saat ditemukan, badan pewawat buatan Amerika Serikat dalam kondisi hancur. Pesawat dengan pilot Mayor Pnb. Marlon A Kawer berangkat dari Timika pukul 05.35 WIT dan dijadwalkan mendarat di Wamena pukul 06.13 WIT.

Pada pukul 06,02 WIT, pesawat melakukan komunikasi dengan tower Wawena untuk melaksanaan di ujung landasan pacu 15. Pukul 06.08 WIT, tower di Wamena mengaku sempat melihat pesawat secara virtual, namun semenit berselang panggilan tower tidak direspon. Pukul 06.09 WIT, pesawat mengalami lost contact. Selanjutnya, pesawat ditemukan jatuh di area Gunung Lisuwa.

Sebanyak 13 penumpang termasuk pilot dan kopilot tewas dalam insiden tersebut. Adapun, nama kru pesawat yaitu Mayor Pnb Marlon A Kawer (pilot), Kapten Pnb J. Hontian F Saragih (kopilot), Letnan Sat Pnb Hanggo Fitradhi, Letnan Satu Navigator Arif Fajar Prayogi, Pembantu Letnan Satu Lukman Hakim.

Kemudian Pembantu Letnan Satu Suyata Plt Kusen, Pembantu Letnan Satu Agung Tri, Pembantu Letnan Dua Agung S, Sersan Mayor Kudori, Sersan Mayor Fatoni, Sersan Dua Suyanto, serta satu korban penumpang terusan dari Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang yang masih diidentifikasi. (rmol)


div>