SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Jepang Akan Kirimkan Parepare Tiga Alat Cuci Darah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 30 Desember 2016 15:23
Jepang Akan Kirimkan Parepare Tiga Alat Cuci Darah

Walikota Parepare, HM Taufan Pawe.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mendapat kabar gembira dengan adanya hibah berupa tiga unit mesin hemodialisa atau cuci darah dari Kaikou Kai Medical Group Jepang.

Walikota Parepare, HM Taufan Pawe, menjelaskan, alat mesin cuci darah yang tercanggih di dunia tersebut, telah dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kepepahaman dengan pihak manajemen Kaikou Kai Medical Group.

“Adanya alat tersebut nantinya, pihak Kaikou Kai menginginkan Parepare, bisa menjadi pelayanan cuci darah terbaik di Indonesia,” katanya, Jumat (30/12/2016).

Taufan mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut, pengelolahan dan pelayanan cuci darah yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tibe B Parepare akan menerapkan sistem yang ada di Jepang.

“Dalam waktu singkat, kami akan melakukan penandatangan berita acara penyerahan, sebelum memasuki Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Parepare,” ungkapnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Tipe B Andi Makassau Parepare, Muh Yamin, mengungkapkan, kelebihan dari alat tersebut karena adanya System Reverse Osmosis (RO), yang bisa memberikan harapan hidup yang lebih panjang.

Yamin menjelaskan, pihaknya juga akan mengirimkan dokter dan perawat ke Jepang untuk menempuh pendidikan, pelatihan, dan pembekalan agar bisa menggunakan alat tersebut nantinya.

“Jadi dokter dan perawat tersebut, akan mengikuti pendidikan tersebut selama tiga bulan di Jepang, yang akan kita kirim pada bulan Januari 2017,” jelasnya. (***)

 


div>