JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Jepang Beri Bantuan Gempa Lombok 500 Ribu Dolar

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 16 Agustus 2018 23:00
Jepang Beri Bantuan Gempa Lombok 500 Ribu Dolar

Jepang telah memberikan bantuan berupa uang senilai USD 500 ribu (Aulia Ahmad/AFP)

RAKYATSULSEL.COM – Setelah Tiongkok dan Korea Selatan (Korsel) kini giliran Jepang yang mengucurkan dana bantuan bencana gempa bumi Lombok. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengatakan, Jepang telah memberikan bantuan berupa uang senilai USD 500 ribu atau senilai Rp 5 milyar sebagai dana bantuan untuk gempa Lombok.

Sebagai negara tetangga yang cukup dekat dengan Indonesia, Ishii berharap agar para korban dapat segera pulih dan bangkit dari bencana tersebut. “Kami siap, kapanpun kalian butuh bantuan kami kami siap menolong,” ujar Ishii saat ditemui di Markas Palang Merah Indonesia pada Kamis, (16/8).

Dia berharap para korban segera pulih dari situasi tersebut. “Saya harap apapun yang terjadi di Lombok Jepang akan selalu bersama Lombok dan Indonesia.”

Seperti diketahui, Jepang kerap kali tertimpa bencana namun mereka tetap bangkit kembali setelahnya. Jepang siap untuk membantu indonesia. Jepang merasakan apa halnya yang dirasakan Indonesia yang sering terkena bencana.

Mengenai bantuan dari luar negeri yang masuk ke Palang Merah Indonesia (PMI), Ketua Pelaksana Harian Ketua PMI Ginanjar Kartasasmita mengatakan, kalau jumlah bantuan dari luar negeri sudah mencapai Rp 10 miliar. Hal itu dikarenakan PMI bekerjasama dengan Palang Merah Internasional.

“Jepang sering membantu Indonesia bukan hanya saat ini. Bantuan terbesar saat tsunami Aceh juga dari Jepang, serta saat terjadi bencana di Merapi dan Mentawai,” pungkas Ginanjar.

(trz/JPC)


div>