MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Jepang vs Polandia: Meniru Semangat Kapten Tsubasa

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 28 Juni 2018 22:15
Jepang vs Polandia: Meniru Semangat Kapten Tsubasa

Para pemain Timnas Jepang merayakan gol.

SARANSK, RAKYATSULSEL.COM – Pernah dengar, membaca atau menonton serial kartun atau komik Captain Tsubasa? Sejak terbit pada 1981, cerita ringan karya Yoichi Takahashi itu banyak digemari berbagai kalangan.

Inti cerita tersebut berkisah tentang seorang bocah laki-laki bernama Tsubasa Ozora yang akhirnya menjelma jadi pemain bintang dunia. Bersama teman-teman masa kecilnya seperi Genzo Wakabayashi, Taro Misaki, Kojiro Hyuga, Hikaru Matsuyama, Ryo Ishizaki, dan lainnya, mereka berjuang keras membela Timnas Jepang di kancah internasional seperti halnya Piala Dunia.

Semangat pantang menyerah selalu ditonjolkan sang pengarang pada setiap cerita pertandingan yang dijalani Tsubasa Ozora Cs. Bahkan komik ini sempat menjadi sangat booming ketika Jepang menjadi salah satu tuan rumah di ajang Piala Dunia 2002 lalu.

Bermodalkan semangat yang sama, Jepang yang saat itu diperkuat pemain papan atas seperti Hidetoshi Nakata, Shinji Ono, dan Takayuki Suzuki berhasil lolos ke fase 16 besar sebagai juara Grup H. Ketika itu mereka memenangkan persaingan melawan tiga tim kuat yakni Belgia, Rusia, serta Tunisia.

Sayangnya, langkah Jepang terhenti di babak 16 besar. Mereka tak bisa melanjutkan perjalanan ke perempat final usai keok 0-1 saat menghadapi Turki.

Berkaca dari perjalanan seniornya yang kurang beruntung, Shinji Kagawa Cs diwajibkan memperbaiki hasil pada Piala Dunia tahun ini. Dengan meniru semangat pantang menyerah Tsubasa dan kawan-kawan, Jepang bisa saja menciptakan kejutan dalam turnamen di Rusia ini.

Tim asuhan Akira Nishino bakal melakoni laga hidup mati melawan Polandia di Stadion Volgograd Arena, Kamis (28/6) malam WIB. Tim Samurai Biru wajib menang demi meloloskan diri sebagai juara grup H serta menjadi satu-satunya wakil Asia yang tampil di 16 besar Piala Dunia 2018. (jpnn)


div>