SENIN , 23 JULI 2018

Jika Gerindra Realistis, La Tinro Mestinya Diusung di Pilgub Sulsel

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Selasa , 02 Februari 2016 21:52
Jika Gerindra Realistis, La Tinro Mestinya Diusung di Pilgub Sulsel

Bendera Gerindra.

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Partai Gerindra diprediksi menjadi partai incaran bagi sejumlah figur yang bakal maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang.

Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Sulsel, Suwady Idris Amir menilai partai Gerindra selain punya perolehan kursi di Sulsel cukup signifikan sebanyak 11 kursi. Figur elit partai berlambang burung garuda tersebut, dinilai memiliki kans besar untuk meingkatkan elektabilitas figur yang menjadi paketnya nanti.

Suwady juga menyebut sedikitnya terdapat empat figur Gerindra yang memiliki nilai jual dalam Pilgub, yakni La Tinro la Tunrung, Azikin Solthan, Andi Nawir, dan Rudianto Asapa. Keempat figur tersebut selain memiliki pengalaman politik yang matang, keempatnya juga memiliki pengalaman birokrasi yang hampir setara.

Keempatnya, sama-sama memiliki pengalaman sebagai bupati dua periode. La Tinro diketahui merupakan bekas bupati Enrekang dua periode, Azikin dua periode di Bantaeng, Andi Nawir dua periode di Pinrang, dan Rudianto Asapa dua periode di Sinjai. Rudianto dan Nawir pernah berpasangan pada Pilgub 2013.

Hanya saja, kata dia, peluang La Tinro la Tunrung mendapatkan rekomendasi usungan dari DPP Gerindra lebih besar dibandingkan tiga figur lainnya. Hal itu karena La Tinro dinilai cukup sukses membawa Gerindra memenangkan sejumlah event politik, mulai dari Pileg hingga pelaksanaan pilkada serentak di 11 daerah dengan mendominasi delapan kemenangan.

“Keempat figur Gerindra ini punya peluang besar untuk bisa bertarung di Pilkada, tetapi jika melihat siapa figur yang punya potensi, pak La Tinro saya pikir punya peluang yang lebih besar,” ujarnya, Selasa (2/2/16).

Selain itu, kata dia, sejauh ini dorongan di tingkat partai khususnya DPC terhadap la Tinro untuk maju juga cukup gencar dilakukan. “Hal ini menjadi indikasi yang baik, bahwa mesin partai bisa saja solid dalam melakukan kerja pemenangan di pilgub nanti,” terangnya.

[NEXT-RASUL]

Sejauh ini, dorongan terhadap La Tinro la Tunrung untuk maju dalam Pilgub Sulsel 2018 semakin intensif dilakukan, khususnya dari kalangan internal partai dan fraksi di parlemen.

Ketua Fraksi Gerindra Makassar, Amar Busthanul mengungkapkan La Tinro merupakan satu-satunya figur yang dinilai paling realistis untuk diusung di event Pilgub.

Menurutnya, selama ini Gerindra Sulsel dibawah kendalinya mulai dari pileg hingga pilkada serentak menjadi modal kuat bagi partai tersebut untuk mengusung bekas bupati Enrekang dua periode ini.

“Moment Pilgub, Gerindra mesti realistis. Dengan prestasi yang ada selama ini, pak La Tinro paling pantas untuk diusung. Sehingga tidak muluk-muluk jika kader meminta agar pak La Tinro segera mendeklarasikan diri, agar mesin partai sudah bisa digerakkan,”ujarnya.


div>