RABU , 12 DESEMBER 2018

Jika Makin Massif, Survei IYL-Cakka Bisa Terus Melejit

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Selasa , 06 Maret 2018 17:28
Jika Makin Massif, Survei IYL-Cakka Bisa Terus Melejit

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kalangan akademisi mengingatkan duet Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) untuk menjaga dan meningkatkan tren surveinya yang diunggulkan oleh lembaga survei nasional, Indo Survei Strategi (ISS).

Pengamat komunikasi politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Iqbal Sultan mengatakan, IYL-Cakka mengalami tren positif. Salah satu penyebabnya, sistem di pasangan ini bekerja dan dan terus bergerak ke sasaran.

“Di semua lini, dia kelihatan jalan. Yang ingin saya sampaikan bahwa IYL-Cakka memiliki hal yang positif. Apalagi sudah jelas siapa pemilihnya melalui pengumpulan KTP itu. Karena dia kan calon independen,” kata Dr Iqbal, Selasa (6/3/2018).

Sehingga, kata dia, dukungan itu harus dirawat. Sebab kandidat lain, pasti di sisa waktu yang ada memiliki strategi tersendiri mendongkrak keterpilihannya.

“Kalau tim dan relawannya bekerja secara massif, kelihatannya elektabilitas IYL-Cakka itu terus bertambah. Tidak akan menurun. Minimal stagnan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, pada pesta demokrasi Pilgub, kecenderungan pemilih tidak menetukan pilihan berdasarkan partai, akan tetapi lebih cenderung melihat ketokohan calon.

“Artinya apa? IYL-Cakka ini dianggap memiliki ketokohan di Sulsel. Karena dia cenderung meningkat,” ucapnya.

Dia pun mengatakan, meski IYL-Cakka tidak secara terang-terangan melalukan kerja politiknya selama ini. Akan tetapi grassroot pasangan yang dikenal dengan komitmen, tegas dan merakyat ini sudah lama berkerja.

Sehingga, saat IYL-Cakka turun langsung melalukan sosialisasi, tim di bawah sudah bisa langsung rapih atau massif. “Berbeda dengan umpamanya NA-ASS. Memang dia agak susah karena kecenderungan masyarakat menganggap pasangan ini tidak konsisten dengan komitmen yang sudah dibangun. Apalagi partainya tidak solid mendukung. Ditambah lagi relawan dan tim pemenangannya banyak mengalihkan dukungan ke calon lain,” ucapnya.

Sementara Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrir Karim mengatakan, tren elektabilitas IYL-Cakka dalam beberapa survey memang mengalami kenaikan.

Menurutnya, kecenderungan mesin politik IYL-Cakka memang bekerja maksimal daripada kandidat lain yang diusung koalisi parpol.

“Ini pertanda bahwa mesin politik pasangan ini bekerja secara maksimal. Harus diakui dibanding kandidat lain,” kata Syahrir, Selasa (6/3/2018).

Bahkan dia menilai, soliditas sejumlah elite parpol lebih solid mendukung IYL-Cakka. Hal ini ditandai dengan banyaknya kader Golkar yang tetap keukuh mendukung pasangan ini. (*)


div>