RABU , 17 OKTOBER 2018

JK Minta Pertamina Jual BBM Secara Ecer 

Reporter:

Nhera

Editor:

Iskanto

Sabtu , 06 Oktober 2018 09:11
JK Minta Pertamina Jual BBM Secara Ecer 

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (Dok.JawaPos)

PALU, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) meminta kepada Pertamina untuk menjual BBM secara eceran untuk mengurangi antarian panjang di Kota Palu. Hal itu usai terjadi gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang disusul gelombang tsunami, beberapa waktu lalu.

Solusi tersebut diberikan saat melaksanakan kunjungan pertamanya di Kota Palu, Jumat (5/9).

JK mengatakan, untuk mengurangi antrian panjang tersebut, harus menggunakan teknis jaman dulu. Dengam cara menggunakan drum-drum.

“Kita pakai drum-drum satu persatu, terus dijual dua liter perorang dibeberapa titik untuk mengurangi antrian,” ungkapnya.

Sementara itu, melihat kondisi listrik yang belum stabil, lanjut JK, harus bersabar karena semua ada tahapannya.

“Ini semua kita laksanakan bersama dengan pemerintah daerah, didukung oleh pemerintah pusat baik pendanaan. Juga BNBD, PU, dinas  sosial dan sebagainya. kita bekerja bersama-sama dan menjamin bisa dituntaskan permasalahan di Sulteng dalam waktu dua tahun,”imbuhnya.

Ada dua tahap, lanjut dia, tahap pertama tanggap darurat selama dua bulan. Kemudian harus membuat hunian sementara untuk semua yang kehilangan rumah.

“Kemudian setelah itu direkontruksi  rumah-rumah dan bangunan-bangunan yang rusak,” tambahnya.

Terkait isu tentang pemerintah yang bergerak lambat, terkhusus perekonomiannya, ia menuturkan, yang lambat bukan pemerintahnya, tapi kondisi masyarakat yang terlalu takut tanpa listrik. Atau memilih meninggalkan Kota Palu dan pulang ke Makassar ke Jawa Balikpapan sehingga penghasilan tidak bisa berjalan dengan baik.

“Jadi harus sama-sama membangun infrastruktur jalanan,  listrik, kemudian masyarakat sudah ada penghasilan pasti ekonomi bisa berjalan lagi,” ungkapnya. (*)


div>