MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

JK Minta Tulisan Tokoh NU Juga Diterbitkan dalam Bahasa Asing

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 30 Januari 2015 14:07

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM –  Wakil Presiden Jusuf Kalla serius ingin menjadikan agama Islam di Indonesia sebagai contoh Islam ideal di mata dunia internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, JK berharap tulisan tokoh-tokoh Nahdatul Ulama (NU) tentang Islam diterbitkan juga dalam bahasa asing.

Hal ini diungkap Ketua PBNU Said Aqil Siradj setelah menyambangi Wakil Presiden di Kompleks Istana, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Jumat (30/1/2015).

Said menyebut, JK mengharapkan hal itu agar pemikiran-pemikiran Islam dari para tokoh NU dapat diketahui secara internasional.

“Beliau (JK) juga mengharapkan tulisan-tulisan dan pemikiran-pemikiran tokoh NU seperti Kiai Haji Mustofa Bisri, Gusdur coba diterjemahkan dalam bahasa asing supaya bisa mendunia,” kata Said.

Beberapa tokoh NU, seperti mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gusdur dan Kiai Haji Mustofa Bisri memiliki banyak ide dan pemikiran yang dituangkan ke dalam tulisan. Karenanya, JK berharap tulisan tersebut juga diterbitkan selain bahasa Indonesia.

“Ditulis dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Arab supaya mendunia supaya dikenal,” tambah Said.

Said pun yakin keinginan JK untuk menjadikan Islam di Indonesia sebagai contoh Islam yang baik dapat terjadi. NU, lanjut dia, telah mendirikan 23 Universitas NU yang nantinya akan diresmikan langsung oleh orang nomor dua di republik itu.

“Alhamdulillah sudah 30 mahasiswa Afganistan belajar di Universitas NU. 30 dari Fatani juga belajar di Universitas NU,” tandas Said.

Sebelumnya, JK menyebut NU harus berada di barisan depan untuk membangun islam yang berbudaya. Pasalnya, JK menyebut Islam di Timur Tengah tidak bisa lagi diharapkan sebagai contoh Islam yang baik.

Banyaknya konflik yang terjadi di timur tengah menjadi alasan hal tersebut. Karenanya, Indonesia diharapkan bisa menjadi contoh Islam yang ideal, berbudaya dan beradab. (mtronl)


Tag
  • JK
  •  
    div>