MINGGU , 25 FEBRUARI 2018

Jusuf Kalla Resmikan Gedung Baru Unifa

Reporter:

Jejeth - Fahrullah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 26 Januari 2018 15:02
Jusuf Kalla Resmikan Gedung Baru Unifa

Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla (JK) telah meresmikan gedung baru Universitas Fajar (Unifa), Jumat (26/1). Foto: Sugiartono/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla (JK) telah meresmikan gedung baru Universitas Fajar (Unifa), Jumat (26/1).

Peresmian ini dihadiri oleh Gubernur SulSel Syahrul Yasin Limpo, Kapolda Sulsel Umar Septono, Pangdam VII/Wirabuana Agus SB, sejumlah Rektor Universitas dan lain sebagainya.

Dalam sambutannya JK memberikan selamat kepada pihak Unifa karena dapat berkembang dalam kurung waktu yang sangat singkat.

“Saya mengucapkan selamat kepada Unifa atas peresmian gedung barunya dan ini merupakan tekad dan cita-cita dalam meningkatkat mutu pendidikan khusunya di Sulsel,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, orang nomor dua di Indonesia itu sedikit bercanda mengenai persahabatannya dengan Alwi Hamu dan Aksa Mahmud.

“Sejak dulu saya bersama mereka digerakan kemahasiswaan, dan sekarang kami bertiga bersama-sama membangun dan bertanding membangun gedung paling tinggi, tapi Alwi selalu mengatakan bahwa gedungnya paling tinggi, karena ada antenanya” ujarnya dan sontak membuat para tamu tertawa.

Sekdar diketahui, gedung baru Unifa dibangun sejak dua tahun lalu, terdiri dari sembilan lantai yang telah menghabiskan anggaran sekitar Rp110 M dan mampu menampung kurang lebih 10.000 mahasiswa.

Ketua Yayasan Pendidikan Fajar Ujung Pandang, Ridwan Arief, ruang perkuliahan mahasiswa dirancang khusus untuk merangsang kreatifitas mahasiswa.

Selain ruang perkuliahan, berbagai fasilitas disiapkan untuk membuat mahasiswa betah di kampus. Ruang perkuliahan dalam bentuk teater. Ada yang berkapasitas hingga 100 mahasiswa, ada pula yang berkapasitas 200 orang.

Belajar tak hanya di dalam kelas saja. Mahasiswa bakal lebih nyaman berinteraksi di ruang teater kuliah itu. Juga disiapkan ballroom yang siap menampung 1.500 mahasiswa.

Mahasiswa juga bisa menikmati fasilitas laboratorium yang lebih lengkap. Mulai laboratorium komputer, komunikasi, dan teknik.

“Kita harapkan mahasiswa turut memeliharanya dengan baik. Gedung baru itu pun menerapkan konsep green building. Penggunaan listriknya sangat efisien.Pokoknya gedung akan menghadirkan fasilitas akademik yang lebih kondusif,” terang Ridwan.

Ada pun bagian gedung berdasarkan lantainya, yakni basement sebagai tempat parkir dan ruang aktivitas mahasiswa, lantai satu ballroom, lantai dua ruang fakultas dan program studi, serta lantai tiga merupakan perpustakaan dan laboratorium.

Lantai empat hingga delapan merupakan ruang kelas. Lantai sembilan ruang rektorat, yayasan, serta pembina. Gedung tiga lantai di sebelahnya difungsikan sebagai ruang pelayanan akademik dan teater kuliah.

Humas Unifa, Muhammad Bisyri menambahkan, pembangunan gedung baru ini dikarenakan jumlah mahasiswa Unfia dari tahun ke tahun semakin bertambah. Maka pengadaan ruang kelas dan segala fasilitas kampus harus lebih memadai lagi.
“Mahasiswa kita semakin bertambah saja, ruang kelas dan fasilitasnya juga harus kita tabah, makanya kita buat gedung ini,” tutupnya. (*)


div>