JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Johan Cruyff Meninggal Dunia

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 24 Maret 2016 21:40
Johan Cruyff Meninggal Dunia

Johan Cruyff

KABAR duka datang dari dunia sepak bola. Salah seorang legenda, satu dari pemain terbaik di dunia, Johan Cruyff meninggal dunia, Kamis (24/3).

Di akun resminya yang kemudian dikutip AFP, Cruyff wafat pada usia 68 tahun (lahir di Amsterdam, Belanda, 25 April 1947) setelah ‘kalah’ dalam pertarungannya dengan kanker.

Pemilik nama lengkap Hendrik Johannes Cruyff itu, pernah memenangkan European Cups sebagai pemain Ajax. Cruyff atau Cruijff, meraih tiga Ballon d’Or pada 1971, 1973, 1974.

Dia kemudian memimpin Barcelona untuk gelar pertama mereka Piala Eropa sebagai manajer pada tahun 1992.

Cruyff adalah legenda, baik sebagai pemain maupun pelatih. Ia adalah ‘anak kandung’ Total Football yang dicetuskan Rinus Michel. Sebagai pemain, ia pernah meraih berbagai gelar juara bersama Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Feyenoord.

Sebagai pelatih, ia mengoleksi banyak trofi bersama Ajax dan Barcelona, termasuk European Cup (nama lama Liga Champions) pada 1992 bersama Barca.

Cruyff jugalah yang mencetuskan La Masia, yang kini kondang sebagai akademi milik Barcelona. Dari La Masia itulah kemudian lahir pemain-pemain yang di kemudian hari menjadi sosok penting bagi Barca dan juga timnas Spanyol.
(jpnn)


Tag
  • Johan Cruyff
  •  
    div>