RABU , 19 DESEMBER 2018

Jokowi Bakal Hadir Meriahkan F8, Danny Minta Bantuan NA

Reporter:

Iskanto

Editor:

Selasa , 18 September 2018 08:09
Jokowi Bakal Hadir Meriahkan F8, Danny Minta Bantuan NA

Kemeriahan F8 2017 di Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) direncanakan bakal hadir memeriahkan event nasional yakni Makassar International Eight Festival (F8) yang siap digelar 10-14 Oktober mendatang.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto mengatakan, pihaknya tengah melakukan persiapan yang intens jelang event F8 di Oktober nanti. Salah satu yang dibahas yakni kedatangan Presiden RI, Jokowi.

“Kami lagi usahakan, sudah sampaikan melalui undangan. Kita juga minta bantuan Pak Gubernur (Nurdin Abdullah) untuk mengundang Pak Presiden hadir di F8,” ungkap Danny, Senin (17/9)

Kata Danny, potensi kehadiran Presiden RI, Jokowi sangat besar. Pasalnya, agenda kunjungan di Sulsel yakni ke Kabupaten Luwu Utara bersamaan dengan event F8 di Oktober mendatang.

“Saya dengar ada agenda beliau (Jokowi) ke sini (Luwu Utara) kenapa tidak sekalian (ke F8),” katanya

Selain itu, Kata Danny, F8 yang akan digelar di sepanjang Anjungan pantai losari harus lebih bagus dari perayaan Asian Games. Untuk itu, pihaknya harus mengetahui seperti apa selera event masyarakat Indonesia dan Dunia.

“Meski dilakukan di daerah tapi F8 punya gengsi berbeda, maka kami membuat atraksi di laut karena belum ada atraksi laut di Indonesia. Untuk itu, peran media bisa menyampaikan F8 akan spektakuler,” ungkapnya

Lanjut Danny, kemeriahan F8 tidak hanya dilirik oleh pemerintah daerah di Indonesia melainkan negera-negara dunia turut serta. Terbukti, hingga, Senin (17/9) ada sekira 24 negara yang sudah konfirmasi kehadiran.

“Terakhir, Duta besar Italia, Belgia dan Amerika sudah konfir akan hadir. Maka kita menunggu, saya prediksi 30 negara akan hadir,” katanya

“Untuk kota, ada 35 Kota yang siap hadir, prediksi 50 kota akan hadir,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan, pihaknya mengapresiasi bantuan yang bakal diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) di event Nasional, F8. Bahkan pihaknya siap memberikan proposal bantuan dalam waktu dekat.

“Pemerintah Provinsi bersinergi dengan Pemerintah Kota, itu perintah pak Gubernur dan itu kita apresiasi,” katanya

Lanjut Maya, sapaan akrabnya, pihaknya belum mengetahui bantuan seperti apa nantinya, namun yang jelas secara garis besar bantuan tersebut yakni pelibatan Pemprov untuk menyukseskan F8 tahun ini.

Terpisah, Nurdin Abdullah menyampaikan Makassar adalah barometer Sulawesi Selatan dan Kawasan Timur Indonesia.

“Saya kalau yang seperti ini (F8) Pak Wali, tidak bisa saya ikuti. Loncatan berfikirnya lebih jauh. Jadi kegiatan F8 ini tidak lagi menggemparkan Indonesia, tapi menggemparkan dunia,” ucap Nurdin Abdullah.

Nurdin pun mengatakan jika apa yang digagas Danny Pomanto tidak boleh berhenti. Karena menurutnya ini adalah motivasi yang memberi semangat jajaran pemerintah kota terus berinovasi kedepan.

“Luar biasa karena Tim di Makassar ini sangat solid, RT/RW kompak, Camat, dan Lurahnya juga demikian sehingga ini merupakan investasi besar yang dimiliki Makassar. Jujur kalau urusan ini saya angkat topi untuk Pak Wali,” katanya.

Olehnya itu Nurdin Abdullah ingin F8 kedepan harus jauh lebih baik dari sebelumnya. “Dengan kekuatan Pemprov saya kira semakin memudahkan langkah pemerintah kota Makassar. Kita bersinergi, F8 Makassar harus kita sukseskan bersama. Harus berhasil F8 ini, beri Pemprov tanggung jawab di F8,” pungkas Nurdin Abdullah.

Selain itu, Pak Prof Andalan, panggilan akrab Gubernur juga meminta Danny Pomanto memberi masukan ide dan desain program, Pemerintah Provinsi akan mensupport secara finansial jika dibutuhkan.

Diketahui, F8 tahun lalu mencapai 1,3 juta pengunjung, tahun ini Pemkot menargetkan 1,5 juta pengunjung dan menganggarkan sekira Rp 3 miliar untuk menyukseskan event bertema Celebration indiversity.

Selain itu, Pemkot akan menghadirkan 30 perancang busana lokal dan 5 perancang busana nasional dipastikan ikut memeriahkan F8.

Berbeda dari tahun lalu yang hanya menampilkan tiga zona. Tahun ini, event F8 dibagi menjadi empat zona. Pertama, di dekat CPI (Jalan Metro Tanjung Bunga) menampilkan food and floating market, zona kedua panggung utama di Anjungan City Of Makassar, zona tiga menampilkan flora dan fauna di Anjungan Pantai Losari, dan zona empat Anjungan Toraja Mandar menampilkan folk dan film. (*)


Tag
div>