SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Jokowi Intruksikan Hidupkan Kembali Perekonomian

Reporter:

Nhera

Editor:

Iskanto

Kamis , 04 Oktober 2018 09:45
Jokowi Intruksikan Hidupkan Kembali Perekonomian

int

SULTENG, RAKYATSULSEL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan kepada Gubernur Sulteng, Longki Djanggola untuk kembali menghidupkan perekonomian Sulteng khususnya wilayah Palu pasca bencana gempa dan tsunami.

Jokowi mengatakan, setelah perekonomian bergerak kembali, bisa ketahap selanjutnya yakni rehabitasi dan rekontruksi.

“Saya kembali ke lapangan untuk melihat kondisi Palu. Berkaitan dengan evakuasi, BBM, logistik, dan terutama penanganan saya lihat berjalan dengan baik. Demikian pula dengan listrik, pihak PLN sudah mulai membenahi jaringan yang ada,” ujar orang nomor satu di Indonesia itu.

Terkait penjarahan yang marak terjadi, Jokowi menjamin hal tersebut tidak akan kembali terjadi karena pertamina dan beberapa toko telah dijaga ketat oleh TNI dan Polri.

“Kami sampaikan ke semua TNI dan Polri untuk menjaga toko-toko besar dan pertamina,” katanya.

Sekadar diketahui, ada 1.700 korban gempa Palu dan sekitarnya bakal tiba di Makassar via jalur laut, Kamis (3/10/2018) hari ini.
Asisten III Pemprov Sulsel, Ruslan Abu, mengatakan, dari informasi yang diterima dari Lantamal, 50 persen dari 1.700 pengungsi merupakan warga asal Makassar.

“Kami berharap kekuarga menjemput di pelabuhan. Kapal sandar, Kamis, 4 September, sekitar pukul lima sore,” katanya saat ditemui di Asrama Haji Sudiang, Rabu (3/10/2018).

Imbauan itu dia sampaikan di sela diskusi kecil bersama Karo Rena Polda Sulsel, Lucky S; Kapolsek Biringkanaya, Kompol Nugraha, Kadis Sosial Sulsel, Ilham A Gazaling; dan Kepala BPBD Sulsel, Syamsibar.

Bagi korban yang tidak memiliki keluarga akan diungsikan di Asrama Haji Sudiang. “Ada 500 kamar. Kapasitasnya sekitar 750 sampai 1.000 orang,” rincinya. (*)


div>