SABTU , 26 MEI 2018

Jumlah Kursi DPRD Torut Bakal Menurun

Reporter:

Cherly

Editor:

asharabdullah

Jumat , 29 Desember 2017 19:09
Jumlah Kursi DPRD Torut Bakal Menurun

Suasana kegiatan sosialisasi rancangan dapil anggota DPRD Torut pada Pemilu 2019, di Toraja Heritage Hotel, Jumat (29/12). ist

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Jumlah kursi di DPRD Kabupaten Toraja Utara (Torut) untuk Pemilu 2019 mendatang mengalami penurunan sebanyak lima kursi, dimana sebelumnya berjumlah 35 kursi menjadi 30 kursi.

Hal tersebut terllihat berdasarkan Data Agregat Kependudukan (DAK 2) yang diterima KPUD Torut dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui KPU pusat adalah sebesar 239.558 jiwa.

Ketua KPUD Torut, Merry Parura mengatakan, dalam pertemuan kedua ini, KPUD menyampaikan empat rancangan daerah pemilihan (dapil) dengan alokasi kursi.

“Dari empat rancangan tersebut peserta diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan masukan itu akan disampaikan kepada KPUD Sulsel dan KPU pusat,” ungkapnya saat kegiatan sosialisasi rancangan dapil anggota DPRD Torut pada Pemilu 2019, di Toraja Heritage Hotel, Jumat (29/12).

Dia menjelaskan, salah satu acuan KPUD Torut membuat rancangan itu berdasarkan tujuh prinsip yang ada dalam aturan. Disamping itu, sesuai aturan jumlah kursi untuk dapil di kabupaten/kota minimal tiga kursi dan maksimal 12 kursi.

“Rancangan yang diberikan KPUD untuk diberikan masukan sebagai alternatif untuk mengusulkan dapil tetap. Tetapi jumlah kursi dibeberapa dapil berkurang, sementara untuk alternatif kedua sampai keempat menawarkan pengurangan dapil, yakni dari enam menjadi 5 dapil. (*)


div>