SELASA , 22 MEI 2018

Junjung Prinsip ‘Siri’, Masyarakat Bugis Wujudkan Kemenangan Selfie di LIDA

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 15 Mei 2018 08:22
Junjung Prinsip ‘Siri’, Masyarakat Bugis Wujudkan Kemenangan Selfie di LIDA

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- “Sirina Ogie sirita maneng. Rekko sirina i renreng muni waramparang luttu to,” demikian sebait bahasa yang menjadi falsafah hidup masyarakat Bugis.

Falsafah yang menjadi prinsip hidup ini pula kini berhasil diwujudkan dengan menjadikan Selfie, asal Kabupaten Soppeng akhirnya dinobatkan sebagai pemenang dalam Konser Kemenangan Liga Dangdut Indonesia (LIDA), Senin, (14/5/2018) malam. Kemenangan sebagai Juara I ini menjadi sejarah pertama bagi masyarakat Bugis dalam ajang talenta yang diprakarsai tv nasional, khususnya di Sulawesi Selatan.

Selfie berhasil mencatat 52.41 persen polling sms terakhir, melampaui Rara asal Sumatera Selatan yang hanya mengantongi 47.59 persen.

Atas kemenangan itu, kebahagiaan dan kebanggaan sangat dirasakan masyarakat atau suku Bugis, terlebih bagi Putra-putri Soppeng.

“Kemenangan Selfi itu bukti persatuan masyarakat Soppeng dengan istilahnya Yassisopengi,” tulis Emminarti via WhatsApp, gadis Soppeng yang berprofesi sebagai Guru di SMP Lilirilau ini.

Menurutnya, suatu kebanggan tersendiri dengan kemenangan Selfi, karena kata dia, secara tidak langsung telah memperkenalkan Soppeng di tingkat nasional.

“Ininnawa sabbara e lolongeng gare deceng… dan Alhamdulillah Selfi yang selalu sabar mendapatkan juara satu malam ini. Di ajang ini, semua suku Bugis dan Bugis perantau bersatu!!!,” lanjut Guru Bahasa Daerah ini.

Hal yang sama juga dikemukakan Gustini Thamrin. Wanita asal Soppeng yang mengajar di SMPN 2 Parepare ini mengakui persatuan suku Bugis yang menjunjung tinggi harga diri atau ‘siri’.

“Kemenangan Selfi adalah memang karena Selfi layak untuk menjadi pemenang, mengingat talenta Selfi yang sudah diakui dengan cengkok dangdut klasik yang dimilikinya. Namun hal ini juga tidak terlepas dari dukungan dan persatuan masyarakat Bugis di seluruh Indonesia yang dengan sukarela dan ikhlas membantu Selfi dengan hujan SMS sampai titik pulsa penghabisan,” kelakar Gustini, Guru TIK SMPN 2 Parepare.

“Selamat untuk Selfi. Terima kasi ya Allah engkau telah memberi juara kepada hambamu. Sekali lagi selamat untuk Selfi, selamat untuk Soppeng, selamat juga untuk Sulsel. Lanjutkan..,” terang Syamsul, pria asal Maros di grup WhatsApp Pendidikan Sarjana Guru Bahasa Daerah (PSGBD) se-Sulsel, Selasa, (15/5/2018).

Sebelumnya, imbauan dukungan ke Selfie juga disampaikan Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Parepare, Luthfie Natsir. (*)


div>