KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Jurus Jitu Danny Berantas Korupsi

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Jumat , 09 Desember 2016 18:46
Jurus Jitu Danny Berantas Korupsi

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. foto: rakyat sulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto punya jurus jitu memberantas korupsi di pemerintahannya yang disampaikan saat menjadi nara sumber pada Dialog Akhir Tahun Pemberantasan Korupsi bersama Wakapolri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna di hotel Imperial Arya Duta, Jumat (9/12).

Menurutnya, butuh keterlibatan masyarakat untuk memerangi korupsi sebab pemerintah tidak dapat berjalan sendiri untuk melawan kejahatan yang masuk kategori extraordinary crime.

Korupsi lanjut Wali Kota Danny harus diberantas secara tersistem dan seluruh komponen bangsa harus bergandengan tangan dalam sistem yang terbangun.

Hal yang paling mendasar dari upaya pemberantasan korupsi kata Danny adalah menghindari conflict of interest yang dimulai pada level pemimpin hingga ke bawah.

Ia menjelaskan, upaya pemberantasan korupsi di pemerintahannya membuahkan peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari tahun ke tahun yang pada tahun 2016 berhasil menembus angka hingga Rp 1.3 Triliun.

Diakuinya untuk memberantas korupsi di tubuh pemerintahan dibutuhkan keberanian karena terkadang niat baik untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan mendapatkan respon negatif dari segilintir oknum yang ingin melanggengkan budaya korupsi.

“Harus berani. Tanpa keberanian pemberantasan korupsi akan sulit terlaksana,” kata Wali Kota Danny.

Wali kota pemegang sertifikasi tertinggi bidang arsitektur itu juga mencontohkan berbagai upaya transparansi yang dilakukan oleh pemerintahannya termasuk menjalin kordinasi dengan pihak kejaksaan melalui TP4D dengan meminta saran sebelum menjalankan satu program atau kebijakan.(ale)


div>