KAMIS , 24 MEI 2018

Ka Kanwil Kementrian Agama Sulsel : Sosialisasi Zakat harus Massif

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 10 Mei 2017 16:00
Ka Kanwil Kementrian Agama Sulsel : Sosialisasi Zakat harus Massif

int

Makassar, RakyatSulsel.com –  Dalam rangka mensosialisasikan dan menumbuhkan kesadaran akan kebijakan Pemerintah terkait Zakat, Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan  Temu Konsultasi unit pengumpulan zakat (UPZ) dan lembaga Amil Zakat (LAZ) BAZNAS tingkat Prov. Sulsel di Hotel Prima Makassar (Selasa, 9 Mei 2017)
Kegiatan yang menghadirkan Peserta dari seluruh perwakilan SKPD di Pemerintah Propinsi Sulsel serta UPZ dan LAZ tingkat Prov. Sulsel termasuk perwakilan dari berbagai Ormas Islam mendaulat Ka.Kanwil Kemenag Prov Sulsel H. Abd. Wahid Thahir sebagai Mata Sumber Utamanya.
Dalam penyampaian materinya, Ka.Kanwil Kemenag Sulsel menyampaikan bahwa Zakat ini memiliki dimensi dan bobot yang hampir sama dengan rukun Islam lainnya, dan yang unik dari Anjuran zakat ini karena memiliki dua dimensi yaitu dimensi duniawi juga dimensi ukhrawy.
Beliau juga menekankan agar prinsip akuntabilitas publik dijadikan pegangan Utama dalam pengelolaan zakat, karena hanya dengan itu, para Muzakki atau pembayar zakat akan lebih termotivasi untuk membayar zakatnya, ini soal kepercayaan mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai penyalurannya harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik atau umat, tambahnya.
Selain itu, Baznas perlu membuat dan menerbitkan buku saku atau buku pintar zakat, agar masyarakat atau wajib zakat kita bisa tahu dan faham secara tekhnis dan detail mengenai berapa dan kemana mereka harus keluarkan zakatnya, Katanya Lagi.
Mantan Kabid PD. Pontren ini juga menyebutkan bahwa Zakat bila dikelola dengan profesional ibarat membangunkan macan yg lagi tidur, artinya gairah atau semangat ekonomi umat akan lebih baik, karena dari sisi potensi mulai dari kuantitas dan kualitas di Indonesia kita miliki, hanya yang dibutuhkan saat ini adalah bagaimana menanamkan kesadaran melalui sosialisasi atau kampanye massif di semua lini tentang dahsyatnya Zakat ini, dan yang lain butuh sedikit “campur tangan” pemerintah melalui regulasi / kebijakan terkait zakat. (Wrd)

div>