RABU , 21 NOVEMBER 2018

Ka.Kanwil Minta Guru PAI Filter Anak Didiknya dari Faham Radikalisme

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 26 April 2017 14:47
Ka.Kanwil Minta Guru PAI Filter Anak Didiknya dari Faham Radikalisme

DR Ali Yafid Kabid Pendidikan Madrasah, Kementrian Agama Sulawesi Selatan

Makassar РPesan tersebut disampaikan di hadapan 175 Peserta Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel Tahun Anggaran 2017 yang dilaksanakan di Hotel Melia Jalan Mappanyukki  Makassar selama dua hari yakni tanggal 25 Р26 April 2017.

Tampak Juga hadir mendampingi Ka.Kanwil di acara pembukaan tersebut, H. Ali Yafid selaku Kepala Bidang PAIS dan seluruh Kepala Seksinya dan sejumlah fasilitator  nasional K-23 asal Sulsel.

Menurut Ka.Kanwil Kemenag Sulsel H. Abd. Wahid Thahir, hal Penting saat ini yang wajib menjadi perhatian khusus bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yakni mengoptimalkan pembinaan dan pengawasan ketat terhadap anak didiknya dari Masuk dan menyebarnya Faham Faham Yang sifatnya Radikal di Sekolah. begitu juga dengan rekan sejawatnya nya yaitu oknum guru dan pembina keagamaan di sekolah yang disinyalir menyebarkan faham radikal di tengah anak didik.

Bahkan dicurigai Faham Radikal ini menjadikan ROHIS yang merupakan organisasi Intra di sekolah sebagai pintu masuk  dan alat penyebaran faham faham radikalisme. Sehingga anak Didik kita yang masih rentang dan lugu terhadap pemahaman keagamaan sangat mudah didoktrin serta terbuai , hal ini bisa membahayakan bagi pemahaman keagamaan anak Didik kita, mereka kadang dijadikan martir untuk merusak sendi sendi persatuan negara nya sendiri,  Sementara kita sejak dahulu sudah berusaha keras untuk menyebarkan nilai nilai Islam  yang Rahmatan Lil Al-Amin.sekali lagi, Ini tugas kita semua, Tegas Ka.Kanwil.

Kita harus mawas diri dan meningkatkan kewaspadaan terhadap oknum atau organisasi atau perkumpulan yang memiliki gelagat ingin menjadikan NKRI tercabik cabik persatuannya hanya karena menganggap faham dan kelompoknya lah yang paling benar pemahaman keagamaannya, dan mereka sekarang menyasar ke anak Didik dan generasi muda kita di sekolah dan madrasah yang masih labil, jelas Beliau

Olehnya itu sebagai guru pendidikan agama Islam di semua tingkatan jenjang pendidikan harus senantiasa belajar dan belajar, selalu memperbaharui referensi keilmuannya, sehingga tidak ketinggalan dan tergerus oleh informasi terbarukan yang justru banyak menyesatkan, utamanya via tekhnologi informasi berupa Medsos, Jangan Gaptek, katanya Lagi.

Guru harus menjadi garda terdepan dalam membentuk kepribadian anak Didik dan generasi muda kita khususnya terkait pemahaman keagamaan Islam yang moderat / Washatiyah yang Rahmatan Lil Aalamiin.

[NEXT-RASUL]

Ka.Kanwil juga menilai Rakor PAIS kali ini merupakan Rakor terlengkap Karena disamping melibatkan seluruh Kasi PAIS SE Sulsel,Pengurus Forum KKG, MGMP, Pokjawas di semua tingkatan pendidikan, juga mengundang khusus Para Decision Maker (Pengambil Kebijakan) yakni Kepala Kantor Kemenag Kab./Kota Se Sulsel. Sehingga diharapkan apa yang menjadi ide, gagasan, masukan sampai permasalahan diseputaran program dan kegiatan Pendidikan Agama Islam bisa dibahas tuntas dan dicarikan solusi di tempat ini.

Saat ini, Sejumlah kebijakan yang digagas oleh Menteri Agama RI dan semoga bisa terwujud, diantaranya program penyusunan, pembuatan dan pencetakan paket buku buku pelajaran agama akan diserahkan kepada KEMENAG, termasuk rencana penerimaan atau rekruitmen guru guru agama di sekolah umum juga akan dialihkan ke Kementerian Agama, sehingga Kita bisa lebih selektif dan safety dalam melakukan pembinaan keagamaan yang sesuai dengan karakter negara kita yang plural dan heterogen ini, sebagaimana keinginan para Founding Father kita dahulu yang termasuk didalamnya dari kalangan Ulama ulama pendidik yang tersohor dari sisi kapasitas keilmuan dan akhlaqnya, tutur Wahid Thahir.

Ali Yafid selaku penanggung jawab kegiatan Rakor ini sangat berharap forum ini dimanfaatkan maksimal untuk mendiskusikan segala bentuk masalah, kendala dan ide ide brilliant dalam menemukan formulasi yang tepat untuk pembinaan dan pengajaran Pendidikan Agama Islam di kalangan anak Didik kita di berbagai jenjang pendidikan, ini tak lain untuk kepentingan masa depan bangsa negara dan agama yang kita cintai bersama, Pinta Kabid PAIS Kanwil Kemenag Sulsel ini. (Wrd)


div>