SENIN , 22 JANUARI 2018

Kades-Kadus Berprestasi Ke Jawa

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 21 September 2012 09:46
Kades-Kadus Berprestasi Ke Jawa

Camat Pattallassang, Drs H Fajaruddin MM bersama warga saat halal bi halal.

Camat Pattallassang, Drs H Fajaruddin MM bersama warga saat halal bi halal.

RAKYAT SULSEL . GOWA – Target pokok Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, tahun ini dipatok sebesar Rp 1.132.512.542. Namun pada penerimaan pekan kedua September 2012, sudah tercapai 65 % senilai Rp 617.122.523. Sisa target PBB yang belum masuk senilai Rp 515.390.019.

Realisasi pencapaian target pemasukan PBB tersebut, bisa di buktikan sesuai daftar koordinator lapangan (Korlap) PBB Kecamatan Pattallassang. Dengan kondisi ini, pengelola PBB kecamatan yang memiliki delapan desa ini optimis bisa mencapai target PBB maksimal sebagaimana yang dicapai dalam kurun waktu 6 tahun berturut-turut yakni realisasi penerimaan PBB mencapai 100 %. Sehingga, bila prestasi ini bisa tercapai lagi, maka para kades dan kadus di wilayah ini akan dibawa studi pemahaman di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Demikian DIUNGKAPKAN Camat Pattallassang, Fajaruddin. Menurut mantan Sekcam Somba Opu INI, dipilihnya Kota Surabaya sebagai tujuan studi pemahaman bagi kades dan kadus berprestasi dalam pencapaian PBB tahun ini karena Kota Pahlawan tersebut merupakan daerah yang pertama di Indonesia yang melakukan pengalihan PBB menjadi pajak daerah.

“Sebanyak 8 kades beserta 36 kadus di Kecamatan Pattallassang akan dibawa studi pemahaman melalui anggaran APBD,” ujar Fajaruddin di ruang kerjanya, Kamis (20/9). Dia menambahkan, pengalihan PBB menjadi pajak daerah inilah akan menjadi fokus dalam studi pemahaman bagi para kades dan kadus nanti.

Dia juga mengakui, rencana pemberangkatan kades dan kadus yang berprestasi untuk studi pemahaman untuk memberi motivasi dalam melaksanakan tugasnya melakukan penagihan di lapangan. “Kades dan kadus merupakan pilar terdepan dalam pencapaian realisasi target PBB yang dibebankan Pemkab Gowa,” urainya.

Salah seorang kepala desa (kades) di Kecamatan Pattallassang, Abd Rivai  mengatakan, target pokok penerimaan PBB di desa yang dipimpinnnya setiap tahun sebesar Rp 90.746.117. Namun, memasuki pekan kedua bulan ini sudah terealisasi 100 persen. (K1/C)


Tag
div>