SELASA , 16 OKTOBER 2018

Kades-Lurah dan Camat Raih Penghargaan Bupati

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 16 Februari 2016 13:21

WAJO, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 32 Kepala Desa dan Lurah berprestasi meraih penghargaan dari Bupati Wajo di Gedung BBC Sengkang, Selasa (16/2).

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Bupati H A Burhanuddin Unru meliputi pengelolaan Dana Desa terbaik, pengelolaan ADD terbaik, Penyusunan dokumen perencanaan desa terbaik, juara lomba desa dan kelurahan tahun 2016, penetapan pengelola profil desa/kelurahan terbaik tahun 2015.

Sebanyak 6 desa terbaik dalam pengelolaan dana desa adalah Desa Nepo, Desa Laerung, Desa Mamminasae, Desa Awo, Desa Bila dan Desa Alewadeng. Enam desa terbaik dalam  pengelolaan ADD masing-masing adalah Desa Awo, Desa Abbatireng, Desa Wecudai, Desa Bottotanre, Desa Lapaukke, dan Desa Watampanua. Tiga desa terbaik dalam pengelolaan dan penyusunan dokumen perencanaan adalah Desa Lamata, Desa Bila dan Desa Polewalie. Untuk kategori juara lomba desa masing masing adalah Desa Benteng, Desa Arajang dan Desa Wele, sedangkan untuk kelurahan juaranya adalah Kelurahan Cina, Kelurahan Siengkang dan Kelurahan Tobarakka.

Untuk penetapan pengelola  profil desa terbaik masing masing adalah Desa Laerung, Desa Alewadeng, Desa Pasaka, Desa Mattirowalie, Desa Limporilau dan Desa Wele. Sedangkan pengelola profil kelurahan terbaik masing-masing Kelurahan Talotenreng, Kelurahan Tancung, Kelurahan Belawa, Kelurahan Malakke, Kelurahan Padduppa dan Kelurahan Bulete. 

Selain penyerahan penghargaan untuk kades dan lurah berprestasi, Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada tiga orang Camat selaku pembina profil desa/kelurahan terbaik tahun 2015. Ketiga camat tersebut masing-masing adalah Camat Belawa, Camat Tanasitolo dan Camat Sabbangparu.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa/Kelurahan Kab Wajo Syamsul Bahri, Penyerahan penghargaan yang dirangkaikan dengan rapat kerja teknis pemerintah desa/kelurahan Se Kabupaten Wajo tahun 2016 tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap Kades/lurah mengenai implementasi tentang undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa khususnya terkait pengelolaan dana desa dan ADD tahun anggaran berjalan.

Sementara itu Bupati Wajo H.A.Burhanuddin Unru menyampaikan apresiasi terhadap para camat, kades dan lurah yang meraih penghargaan agar menjadi motivasi bagi camat, kades dan lurah yang lain.

Bupati peraih satyalancana pembangunan pertanian tersebut juga berharap agar proses perencanaan melibatkan seluruh pihak yang terkait. Di samping itu, bupati berharap agar dinas terkait senantiasa melakukan pembinaan dalam pengelolaan keuangan desa melalui kegiatan pelatihan.

Pada kesempatan tersebut, bupati HA Burhanuddin Unru memgharapkan adanya perbaikan administrasi di desa dan kelurahan yang meliputi pencatatan sipil, pajak, administrasi keuangan dan lainnya guna peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Di samping itu, seluruh Pemerintah desa/kelurahan harus mengetahui tupoksi masing masing yakni menyelenggarakan pemerintahan, pemberdayaan dan pelayanan masyarakat sebagai perpanjangan tangan Bupati. Bupati juga memberikan perhatian khusus terkait pengelolaan anggaran agar para kepala desa/lurah menggunakan anggaran secara proporsional sesuai dengan peruntukannya.


Tag
  • penghargaan
  •  
    div>