SABTU , 20 OKTOBER 2018

Kadiskop: UMKM Harus Melek IT

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 13 September 2015 20:45

Penulis: Bahrul ulum Ilham
Konsultan PLUT KUMKM Sulsel

RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Syamsul Alam Ibrahim mengharapkan pelaku UMKM dapat memanfaatkan keberadaan dan perkembangan IT, utamanya internet. “Pelaku UMKM harus meningkatkan kualitas produksi dan daya saingnya dengan mengusai IT, utamanya pemasaran online,” ujarnya saat membuka bimtek desain kemasan dan pembuatan website bagi UMKM, Sabtu (12/10) di gedung PLUT KUMKM Sulsel.

Kadiskop UMKM Sulsel mengapresiasi program pusat layanan usaha terpadu koperasi dan UMKM (PLUT KUMKM) menggelar bintek pengembanga usaha bidang desain kemasan dan pembuatan website.”pelaku UMKM dituntut meningkatkan kualitas produk, mampu mengakses pembiayaan, memacu kualitas SDM dan akses pasar untuk dapat lebih bersaing pada era pasar bebas, termasuk AEC 2016,” tandasnya,

Kegiatan bimtek desain kemasan dan pembuatan website bagi UMKM diikui sebanyak 50 orang peserta pelaku UMKM. Pelatihan sehari ini menggandeng tim Inqilaby Visual Grafik Makassar sebagai narasumber. Pembukaan pelatihan dihadiri pula Kepala Balatkop dan UMKm Sulsel, Abdul Azis Bennu, pengelola dan konsultan PLUT.

Dihadapan peserta, koordinator konsultan PLUT Sulsel, Salman Sahmad menjelaskan tentang keberadaan PLUT KUMKM Sulsel yang berperan serta dalam menyediakan jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam upaya meningkatkan meningkatkan daya saing KUMKM di Sulawesi Selatan.

“PLUT berperan sebagai rumah sehat dengan menyediakan layanan full services KUMKM meliputi konsultasi bisnis KUMKM, pendampingan atau mentoring bisnis, fasilitasi akses pembiayaan, pemasaran dan promosi, pelatihan bisnis, networking, layanan pustaka entrepreneur,” tambahnya.


div>