RABU , 19 DESEMBER 2018

Kado HUT RI untuk Warga Makassar, Disdukcapil Mudahkan Pelayanan Masyakat

Reporter:

Muhammad Alief

Editor:

Jumat , 10 Agustus 2018 22:37
Kado HUT RI untuk Warga Makassar, Disdukcapil Mudahkan Pelayanan Masyakat

Kadis Dukcapil Kota Makassar, Nielma Palamba

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota Makassar, melalui Dinas Kependudukan  dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, terus berupaya meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kepala Dukcapil Kota Makassar, Nielma Palamba menuturkan, untuk mewujudkan pelayanan prima yang maksimal, pihaknya telah melaunching program inovasi yaitu
aplikasi “kucata’ki”.

Inovasi terbaru ini, telah di launching oleh Wali kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto beberapa waktu lalu. Bertepatan jelang momentum HUT RI ke 73, sekaligus kado spesial buat warga kota Makassar.

“Tentu, lewat inovasi terbaru (kucata’ki). Tujuanya mempermuda pelayanan yang prima kepada masayarakat kota Makassar,” kata Nielma Palamba Jumat (10/8).

Lahirnya inovasi yang sangat membanggakan ini, saluran informasi cukup melalui aplikasi online. Tentu, akan memberi kemudahan public service, utamanya akta kelahiran dan kematian di tingkat kecamatan hingga kelurahan bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Oleh sebab itu, pihakanya telah menjalin kerjasama dengan pihak kesehatan Puskesmas dan Rumah Sakit untuk urusan kelahiran, sedangkan kerjasama pihak kelurahan untuk urusan akta kematian.

“Kami Dukcapil, telah melakukan kerjasama dengan pihak RS Ibu dan Anak, Puskesmas serta pihak Kelurahan untuk sarana bantuan pertolongan bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Nielma menjelaskan, Pemkot Makassar telah menyiapkan aplikasi “kucata’ki” yang dikelola dan dikendalikan langsung Disdukcapil juga pihak Kesehatan dan kelurahan.

“Jadi aplikasinya bisa di download, tapi hanya Dukcapil, RS, Puskemas dan Kelurahan yang bisa akses. Kedepan akan bisa diakses masyarakat umum,” katanya.

Sekedar diketahui, program inovasi ini mendapat pujian dari Wali kota Makassar, Danny Pomanto beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, melakukan inovasi program menjemput bola sejak 2017 lalu, kini dimaksimalkan oleh instansi yang dinahkodai oleh Kadisdukcapil Makassar, Nielma Palamba bersama staf memanfaatkan waktu libur setiap hari (Sabtu) untuk melayani warga yang ingin perekaman e-KTP di 15 Kecamatan lingkup kota Makassar.(*)


div>