SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Kakanwil Kemenag Sulsel Pantau UNBK di Tiga Madrasah Negeri

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 09 April 2018 15:30
Kakanwil Kemenag Sulsel Pantau UNBK di Tiga Madrasah Negeri

Kakanwil Kemenag Sulsel, Dr. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag, saat memantau UNBK di tiga madrasah negeri, Senin (9/4). (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Setelah mengikuti pelaksanaan MTQ ke XXX tingkat Provinsi Sulsel di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) selama 7 hari (1-7 April), Kakanwil Kemenag Sulsel, Dr. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag, langsung ke lokasi Madrasah Negeri guna memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (9/4).

Lokasi Pertama yang dikunjungi Kakanwil adalah MAN 3 Biringkanaya Daya Makassar. Madrasah Negeri yang berlokasi di Kawasan Asrama Haji Lama Makassar ini disambut hangat oleh Plt. Kepala MAN 3 Makassar Drs. H. Asnawi, MM dan sejumlah Guru dan Pengawas Ujian.

Menurut laporan, Asnawi, di MAN 3 Makassar ini ada 284 orang peserta UNBK yang berasal dari 3 Madrasah, yakni MAN 3 Makassar, MA DDI Sudiang dan MA Radhiyatul Adawiyah Makassar.

Selanjutnya, Kakanwil bergerak menuju ke MAN 2 Makassar yang dikenal dengan MAN Model Makassar di ujung jalan AP. Pettarani.

Ditemani Kepala MAN 2 Makassar Kaharuddin, S.Ag, M.Pd, beserta Wakamadnya, Kakanwil melihat langsung suasana di sejumlah Ruangan sembari sesekali berdialog dengan Kepala Madrasah dan Proktor Ujian Nasional.

“Di MAN 2 Makassar terdapat 462 siswa yang mengikuti UNBK tahun ini dan terdiri dari 3 program stidy yakni MIPA, IPS dan IKA (Keagamaan), dan selain diikuti Siswa MAN 2 Makassar yang jumlahnya mencapai 437 orang siswa, ada dua Madrasah swasta lain yang ikut melaksanakan UNBK di Lokasi MAN Model ini, yakni MA Darul Istiqamah dan MA Darul Ihsan Makassar,” ungkap Kaharuddin.

Tidak lama setelah memantau beberapa ruangan, Kakanwil kelahiran Kab. Wajo ini kembali meluncur ke MAN 1 Makassar yang berlokasi di Kawasan Tallasalapang Makassar.

Di Madrasah yang merupakan Almamater Kakanwil, terdapat 267 orang siswa yang menjadi peserta UNBK tahun ini.

Usai melakukan pemantauan di tiga madrasah negeri di Kota Makassar, Kakanwil Kemenag Sulsel mengatakan kesyukurannya, semuanya bisa berlangsung tertib dan lancar. “Semoga kondisi ini bisa konsisten bertahan sampai akhir,” ungkapnya.

Dia berharap, agar mulai dari peserta, panitia, pengawas ujian dan para guru bisa bersikap profesional dan jujur dalam pelaksanaan UNBK.

“Jangan coba=coba bersikap curang apalagi manipulatif, madrasah harus tampil sebagai contoh keberhasilan UNBK dan tentunya diharapkan madrasah juga bisa muncul sebagai yang terbaik pada hasil Akhirnya nanti,” jelasnya. (*)


div>