SELASA , 16 OKTOBER 2018

Kalaksa BPBD Hadiri Singapura National Life Saving Day

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 19 Januari 2016 10:05

CITIZEN REPORTER – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Syahruddin AR bersama dr. Sukmawati (Dinas Kesehatan Kota Makassar), dr Mariani Hamid (Palang Merah Indonesia Kota Makassar) dan Nurhidayat Sukardin (BPBD) menghadiri “Singapura National Life Saving Day” di Pasir Ris-Punggol GRC, minggu (17/01) lalu.

Kegiatan yang diperingati tiap minggu ke 3 di bulan Januari setiap tahunnya ini dihadiri oleh Mr Benjamin William, Secretary General/CEO of the Singapore Red Cross, Deputy Prime Minister and Coordinating Minister for National Security Mr Teo Chee Hean and Prof V. Anantharaman, Chairman, National Resuscitation Council.

Menurut Kasie Kesiapsiagaan BPBD Nurhidayat Sukardin, pada kegiatan tersebut diberikan penghargaan kepada sukarelawan terlatih yg telah memberikan pertolongan pada serangan jantung dengan CPR termasuk petugas medis yang turut membantu (Singapore Civil Defence Force).

“Pengahargaan diserahkan oleh survivor (yang telah diselamatkan) kepada yg telah menyelamatkannya. Nampak bagaimana penghargaan negara atas sebuah nyawa yang diselamatkan dan sekaligus penghargaan kepada yang telah menyelamatkan seseorang,” kata Nurhidayat di ruang kerjanya.

Dalam kegiatan ini juga, dilaksanakan pelatihan kepada masyarakat calon relawan yg dibimbing oleh trainer dalam hal first respon.

“Dengan kesadaran sendiri, warga menghadiri Launching of Citizen First Responder Program pada hari ini sekaligus mendapatkan pelatihan penanganan pertolongan pertama pada kejadian, serangan jantung, terbakar, stroke, luka terbuka dan sebagainya,” kata Nurhidayat.

Catatan menarik seremoni ini adalah, Deputy Prime Minister and Coordinating Minister for National Security Teo Chee Hean hadir dengan protokol yg sangat sederhana, tanpa prosedur keprotokoleran yg berlebihan, duduk di jejeran kursi bagian depan (persis dua baris di depan kami) dengan jenis kursi plastik yang sama dengan undangan lainnya.

Penulis: Ahmad Syarif (Humas BPBD Makassar)


div>