SENIN , 18 DESEMBER 2017

Kali Kedua, Tim Dokter Bedah RSUD Parepare Sukses Lakukan Operasi Tanpa Pisau

Reporter:

Editor:

niar

Kamis , 30 November 2017 15:48
Kali Kedua, Tim Dokter Bedah RSUD Parepare Sukses Lakukan Operasi Tanpa Pisau

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Tim dokter Ahli bedah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, kembali berhasil menggelar tindakan bedah operasi tanpa pisau dengan sistem berbasis kamera atau Laparascopy, terhadap pasien dengan riwayat Cholesistectomy atau pengangkatan batu empedu dan kantongnya.

Dokter ahli bedah RSUD Andi Makkasau Ibrahim Kasim mengatakan, dengan menggunakan sistem kamera, Laparascopy yang dilakukan Tim Bedah Rumah Sakit lebih simpel dengan hasil maksimal.

“Tim bedah untuk kedua kalinya berhasil menyelesaikan tindakan operasi Laparascopy kepada pasien,” aku Ibrahim Kasim.

Dalam pelaksanaannya, tambah Ibrahim, operasi Laparascopy juga lebih cepat dan menghemat waktu, dibanding operasi Open Cholecystectomy. “Jika berjalan lancar, setidaknya dibutuhkan hanya satu jam waktu operasi,” ungkapnya.

Sementara Budiman Siri, Dokter Ahli bedah lainnya mengatakan, penerapan operasi Laparascopy juga berdampak pada penggunaan obat-obatan yang jauh lebih efesian. “Baik saat proses operasi maupun setelah operasi atau saat pasien dirawat pasca operasi,” ujarnya.

Layanan operasi laparascopy pada RSUD Andi Makkasau sendiri, merupakan layanan pertama di Sulsel di luar Kota Makassar. (Nia)


div>