• Minggu, 26 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Kamis, Pelabuhan Penyeberangan Feri Selayar Dibuka

Selasa , 15 Januari 2013 23:38
Total Pembaca : 661 Views
Dua kapal feri, KM Bontoharu dan Sangke Palangga hanya bisa sandar di pelabuhan Penyeberangan Pamatata Selayar sejak Minggu (13/1) akibat cuaca buruk diperairan selat Selayar. (Foto: ArsilIhsan/RakyatSulsel)

SELAYAR – Pelabuhan kapal feri Pamatata hingga Selasa (15/1) masih ditutup akibat cuaca buruk di perairan Selayar. Namun PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) rencananya kembali membuka rute Selayar-Pelabuhan Bira Bulukumba ini pada Kamis (17/1) mendatang.

Penutupan ini dimulai sejak Minggu (13/1) lalu akibat angin kencang dan tingginya gelombang di selat Selayar yang dinilai sangat tidak aman bagi pelayaran.

Kepala Humas Pemerintah Kab Kepulauan Selayar Muhammad Imran, menyebutkan, penutupan itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa lagi, pada pelayaran KMP Bontoharu yang memuat ratusan warga Selayar dihantam badai hingga ombak membawa kapal ke wilayah perairan Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (12/1).

“Betapa kelabakannya keluarga penumpang menunggu kepastian apakah keluarga mereka selamat. Hal ini tentu saja dinilai sangat berbahaya dan perlu pertimbangan hingga cuaca memungkinkan, ” kata Imran, Selasa (15/1).

Meski demikian, pasokan sejumlah kebutuhan pokok dari Makassar yang biasa diangkut dua kapal feri, KM Bontoharu dan Sangke Palangga juga terputus. Sementara stok kebutuhan yang siapkan pekan lalu belum dipastikan bertahan, apa lagi rencana beroperasinya kapal Feri kembali tertunda.


Penulis: Arsil Ihsan
Editor: Azis Kuba