JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Kampanye Pamungkas Pilgub Sulsel, Unjuk Massa di Makassar

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 20 Juni 2018 13:00
Kampanye Pamungkas Pilgub Sulsel, Unjuk Massa di Makassar

Dok. RakyatSulsel

*IYL-Cakka Hadirkan tokoh berpengaruh di Sulsel

*Hari ini Probowo Hadiri Kampanye Agus-TBL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Empat pasangan calon Pemilihan Gubernur Sulsel dijadwalkan menggelar kampanye akbar di Makassar. Unjuk massa bakal tersaji dalam kampanye pamungkas menjelang masa tenang tersebut.

Strategi kampanye yang berbeda disiapkan masing-masing tim paslon menyambut kampanye terbuka pamungkas tersebut. Menariknya, hampir semua paslon mengagendakan menggunakan lapangan Karebosi Makassar dengan estimasi massa puluhan ribu orang.

KPU semula menempatkan kampanye terbuka di Makassar untuk pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman (NA-ASS) pada Selasa (19/6/2017). Jubir NA-ASS, Bunyamin Arsyad mengatakan timnya sementara merancang desain kampanye pamungkas namun belum ditetapkan jadwal maupun lokasinya.
“Ada kemungkinan takbir akbar. Tapi belum pasti kapan dan dimana lokasinya. Siapa saja yang terlibat?, saya tidak mau berandai-andai,” ujar Bunyamin Arsyad.

Pasangan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) dijadwalkan memanfaatkan lapangan karebosi untuk kampanye terbuka pada Rabu (20/6/2017) hari ini. Melalui ketua tim pemenangannya, Rusdin Tabi, mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dijadwalkan menjadi Jurkamnas. “Kami targetkan paling sedikit 20 ribu orang pendukung akan hadir di kampanye akbar Agus TBL,” katanya.

Gerindra ditegaskan all-out mensukseskan kampanye Agus-TBL. Menurut Rusdin, pengurus dan kader Gerindra mulai ditingkat provinsi hingga kabupaten/kota di Sulsel diharuskan hadir dalam kampanye nantinya.

Menurut Rusdin Tabi, kehadiran Prabowo Subianto akan memberi spirit juga semangat bagi para kader dan simpatisan untuk memenangkan Agus – TBL. “Selain dihadiri langsung oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, kami juga menyajikan acara hiburan dari artis ibukota yang akan turut memeriahkan kampanye Akbar Agus – TBL yakni Siti Badriah dan Armada,”ungkapnya.

Dihubungi terpisah, juru bicara NH-Aziz Muh Natsir mengatakan kelengkapan administasi hingga izin keamanan kampanye akbar NH-Azis di Makassar dinilai sudah rampung. Elit DPP Golkar, Hanura dan NasDem dikabarkan akan dilibatkan ebagai jurkam di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (21/6/2018) pekan ini.

Tim NH-Azis menargetkan melibatkan sedikitnya 50 ribu orang pendukung dalam kampanye terbuka nantinya. “Kami menghadirkan Inul Daratista dan sejumlah artis lainnya untuk menghibur massa saat kampanye terbuka,” ujar Natsir.

Kepastian pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar berkampanye di lapangan Karebosi Makassar pada Jumat (2/6/2018), disambut antusiasi luar biasa oleh masyarakat. Ratusan ribu pendukung disebutkan siap hadir dalam kampanye pamungkas paslon usungan koalisi rakyat tersebut.

“Alhamdulillah kita diizinkan menggunakan lapangan Karebosi untuk melakukan kampanye terbuka. Kami menargetkan 150 ribu pendukung menghadiri kampanye akbar IYL-Cakka,” ujar Ketua Tim IYL Cakka, Bahar Ngitung.

Tim paslon nomor urut empat Pilgub Sulsel merencanakan menghadirkan artis Dewi Persik dan Coklat Band saat kampanye akbar di Makassar.

Selain itu, Bahar Ngitung mengatakan, koalisi rakyat dan dukungan rakyat yang mengusung paslon IYL-Cakka, akan lebih tepat jika menghadirkan tokoh-tokoh daerah di sulsel. Hal itu dinilai lebih memiliki daya tarik yang lebih baik.

“Karena kita inikan usungan rakyat, jadi kita nilai tokoh-tokoh daerah itu punya magnet yang baik untuk dapat hadir. Dan itu kita sementara rapatkan sampai dimana efektifitasnya,” jelasnya.

Untuk elit parpol pendukung yang akan menjadi Juru Kampanye, Obama mengaku sampai saat ini masih melakukan komunikasi dan rapat internal untuk membahas hal itu. Salah satu nama yang disebutkannya Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan anak dari presiden ke 5 RI.

“Sedangkan dari pusat kita komunikasi lagi tunggu konfirmasi AHY apa kah dapat hadir. Minggu ini kita lagi raparkan seperti apa efektifitas jurkam dari jakarta,” kata Obama.(**/E)

GRAFIS
Kampanye Akbar Pilgub Sulsel
1. NH-Azis
-Jadwal: Kamis, 21 Juni 2018
-Lokasi: Lapangan Karebosi Makassar
-Estimasi massa: 50 ribu orang
-Jurkamnas : Airlangga Sutjipto (Ketua DPP Golkar), Akbar Tanjung (Golkar), Idrus Marham (Golkar) Akbar Faisal (NasDem), Muhtar Tompo (Hanura), Estimasi massa: 50 ribu orang
-Artis: Nita Thalia, Nassar KDI, Irma Dharmawangsa, Selfi LIDA, Inul Daratista

2. Agus-TBL
-Jadwal : Rabu, 20 Juni 2018
-Lokasi: Lapangan Karebosi Makassar
-Estimasi Massa: : 20. 000
-Jurkam: Prabowo Subianto (Ketua Umum Gerindra), Elit PPP dan PBB
-Artis: Siti Badriah, Armada

3.Prof Andalan
-Jadwal : Belum teragenda
-Merencanakan mengubah kampanye akbar menjadi kegiatan takbir akbar

4. IYL-Cakka
-Jadwal : Jumat, 22 Juni 2018
-Lokasi: Lapangan Karebosi, Makassar
Target massa: 150 ribu orang
-Jurkam: Agus Harimurti Yudhoyono dan sejumlah tokoh berpengaruh di Sulsel
-Artis: Dewi Persik dan Coklat Band


div>