Kampus Baru PIP Makassar Bakal Tampung 5.000 Taruna | Rakyat Sulsel

Kampus Baru PIP Makassar Bakal Tampung 5.000 Taruna

Kamis , 07 Juni 2012 10:48
Total Pembaca : 2553 Views
Direktur PIP Makassar,Capt Edy Santoso, saat menerima Harian Rakyat Sulsel yang dipimpin Direktur Utama Subhan Yusuf kemarin.

Baca juga

Direktur PIP Makassar,Capt Edy Santoso, saat menerima Harian Rakyat Sulsel yang dipimpin Direktur Utama Subhan Yusuf kemarin.

RAKYAT SULSEL -- Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar saat ini berusaha meningkatkan kapasitas  taruna dengan dibangunnya kampus baru di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Pembangunan kampus baru itu karena terjadi peningkatan peminat ke sekolah pelayaran, termasuk di kawasan Indonesia bagian timur, sehingga dibutuhkan peningkatan sarana pendidikan yang lebih besar lagi.

Kampus baru PIP Makassar ini nantinya akan menampung sekitar 5.000 taruna. Hal ini dikatakan oleh Direktur PIP Makassar, Capt Edy Santoso, saat menerima tim dari Harian Rakyat Sulsel yang dipimpin Direktur Utama Subhan Yusuf kemarin.

Dijelaskannya, upaya meningkatkan kapasitas itu diiringi juga dengan peningkatan kualitas, melalui peningkatan standar pendidikan. Saat ini, sejalan dengan adanya perubahan standar pendidikan kepelautan yang dilakukan International Maritime Organization (IMO) dengan mengamandemen STCW (Standard Training Certificate and Watchkeeping for Seaferer) 1995 menjadi STCW 2010/Manila, pemerintah sudah mengikutinya, sehingga standar pendidikan sekolah pelayaran sudah sesuai dengan standar pendidikan yang ditetapkan IMO.

“Kami akan terus memperhatikan kualitas pendidikan pelaut, melalui penerapan standar pendidikan yang ditetapkan IMO, dengan begitu maka lulusan-lulusan sekolah pelayaran di Indonesia sesuai dengan standar internasional dan diterima perusahaan pelayaran di luar negeri,” katanya.

Peningkatan kualitas pendidikan dilakukan pihak PIP dengan meningkatkan kegiatan belajar dan mengajar di kampus. Kegiatan pendidikan yang berlangsung selama ini untuk meningkatkan kompetesi juga untuk meningkatkan kemampuan karakter yang bermoral baik dan mampu menjadi pemimpin (leadership).

Dijelaskannya, PIP Makassar juga mengembangkan kegiatan ko kurikuler dan ekstra kurikuler agar Taruna dapat mengekpresikan potensi cipta, rasa dan karsa. Seluruh aktivitas ditunjang fasilias lengkap yang dapat digunakan oleh seluruh Taruna.

Menurut Edy Santoso, keluaran dari PIP Makassar semuanya mampu bekerja dan bersaing. Bahkan, saat mahasiswa melakukan praktik saja, sudah langsung mendapatkan pendapatan hingga Rp 5 juta per bulan.

“Bahkan saat ini, banyak perusahaan pelayaran yang meminta tenaga dari PIP Makassar,” tambahnya. (*)