JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Kampus UMI Gelar Promosi Doktor

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 09 Agustus 2017 21:18
Kampus UMI Gelar Promosi Doktor

PROMOSI DOKTOR. Promovenda Amirah Kallabe menjawab pertanyaan dari 10 penguji pada ujian promosi Doktor Ilmu Manajemen "Pengaruh komitmen, Kompetensi dan Kualitas Pelayanan Frontliner terhadap kepuasam dan loyalitas nasabah Bank umum di Kota Makassar", di Gedung Program Pascasarjana UMI, Jl Urip Sumoharjo, Rabu (9/8). QUDRATULLAH/RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Ujian terbuka promosi doktor diselenggarakan oleh pasca sarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar di gedung PPs UMI, Rabu (9/8)

Program pasca sarjana UMI Makassar telah meluluskan doktor untuk program studi ilmu manajemen atas nama Amirah Kallabe. Yang menjadi tim penguji  Dalam sidang tersebut adalah Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA selaku ketua sidang, Prof Dr H Salim Basalamah SE MSi sebagai promotor, Prof H Murdifin Haming SE MSi PhD sebagai ko promotor, Prof Dr Baharuddin S sebagai ko promotor, Prof Dr H Abdul Rahman Mus SE MSi sebagai penguji, Prof Dr H Mahfu Nur Najamuddin SE MM sebagai penguji, Prof Dr H Muhammad Jobbar Bima SE MSi PhD sebagai penguji, Dr H Mukhtar Lamo SE MSi sebagai penguji, Prof Dr Veitzal Rival Zainal SE MM MBA CRGP CRMP sebagai penguji eksternal, Dr H Hamsah Baharuddin SH MH  sebagai penguji lintas disipliner.

Amirah Kallabe menulis disertasi dengan judul Pengaruh komitmen, kompetensi dan kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank umum konvensional di kota makassar. Dalam disertasinya, dia memaparkan hubungan komitmen frontliner dengan kompetensi frontloner secara sinerjis dalam pembentukan intellectual capital  perusahaan, sebagai suatu aset yang tak ternilai dan sangat signifikan kontribusinya terhadap pencapaian laba perusahaan.

Selain itu, persaingan industri jasa perbankan dewasa ini yang semakin tinggi menyebabkan munculnya berbagai kesempatan dan peluang bahkan tantangan dan ancaman dalam sektor jasa perbankan. Persaingan diantara perbankan yang semakin tinggi menyebabkan turunnya kinerja layanan frontliner dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah. Penurunan kepercayaan nasabah diakibatkan karena ketidakmampuan memperhatikan komitmen frontliner, kompetensi frontliner dan kualitas pelayanan frontliner. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepuasaan nasabah dan loyalitas nasabah.

“komitmen frontliner mempunyai pengaruh besar terhadap perusahaan tempat karyawan bekerja. Komitmen harus diperioritaskan terhadap nasabah karena ini berpengaruh terhadap internal dan eksternal marketing,” tuturnya.

“Tingkat kepuasan nasabah akan meningkat ketika pelayan yang diberikan oleh frontliner memuaskan,” tutupnya.

Sampel penelitian yang dilakukan oleh Amirah Kallabe melibatkan dua bank pemerintah, dua bank swasta dan satu bank pemerintah daerah dan dengan menarik sampel penelitian berdasarkan simple random sampling sebanyak 200 nasabah.

[NEXT-RASUL]

Amirah Kallabe berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan penguji dengan mendapatkan predika cum laude dan berhak atas gelar doktor.


div>