SELASA , 12 DESEMBER 2017

Kanita Kahfi: Tempuh Jalur Independen, Bukti DIAmi Pilihan Rakyat

Reporter:

Editor:

Muh Sophian AS

Rabu , 29 November 2017 20:45
Kanita Kahfi: Tempuh Jalur Independen, Bukti DIAmi Pilihan Rakyat

Kanita Kahfi Saat Berfoto Bersama Bakal Calon Walikota Makassar Incumbent Mohammad Ramdhan Pomanto

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Keinginan pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto – Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) diapresiasi sejumlah pihak, sebagai pilihan politik strategis.

Pengurus DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulsel Nurkanita Maruddani Kahfi menilai langkah politik DIAmi menempuh independen merupakan opsi politik yang menempatkan aspirasi rakyat sebagai hal utama. “pak DP (Danny Pomanto) mendaftarkan diri melalui jalur independen membuktikan bahwa masyarakat menginginkan kepemimpinan DP kembali,” ujarnya, Rabu (29/11).

Kanita Kahfi sapaan akrab Nurkanita Maruddani Kahfi ini berharap agar seluruh parpol yang saat ini mendukung DIAmi untuk menghormati pilihan politik pasangan tersebut. “Saya berharap parpol menilai positif perjuangan kandidat petahana ini. Partai hadir sebagai penyerap aspirasi masyarakat, sebagai jembatan berdemokrasi,” tukasnya.

Terkait kecenderungan figur yang ingin maju pilkada menggunakan jalur independen, Kanita Kahfi yang juga putri Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi ini menilai bahwa opsi jalur independen cenderung meningkat sejak pemilihan langsung digelar. Hal ini pun menjadi salah satu bentuk peringatan bagi parpol yang merupakan representasi rakyat untuk mengevaluasi dan merekonstruksi model penjaringan kandidatnya di Pilkada. Jika selama ini terkesan sangat tergantung dari faktor kedekatan dan kemampuan figur melobi elit pengurus partai, maka saatnya mekanisme pengusungan figur didasarkan pada keinginan mayoritas masyarakat. “Sebagai kader partai apa yang dilakukan Danny pomanto menurut hemat saya adalah warning buat institusi politik untuk segera berbenah diri, karena ini bisa saja menjadi pemantik role model politik di indonesia,” terangnya.

“Bayangkan saja kalau semua calon kepala daerah melakukan hal yang sama dengan bapak Danny pamanto. Majunya Danny Pomanto lewat jalur independen adalah bukti bahwa masyarakat Makassar menginginkan Danny Pomanto melanjutkan kepemimpinannya sebagai Walikota untuk dua periode,” tambahnya. (*)


div>