KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Kantor Sekprov Sulsel Jadi Sekretariat Desk Pilkada

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Jumat , 22 Juni 2018 20:40
Kantor Sekprov Sulsel Jadi Sekretariat Desk Pilkada

Pj Sekprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina. ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Tautoto Tana Ranggina mengambil langkah pasti untuk mengawal kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Sulsel tahun 2018. Langkah itu dibuktikan dengan menjadikan ruang kerja Sekprov sebagai Sekretariat Desk Pilkada.

“Ini tujuan untuk bagaimana kita bisa berkoordinasi secara terpusat. Yang utama bagaimana koordinasi kita ke KPU, Bawaslu, Kepala Daerah, Seluruh stakeholder yang terkait dalam proses pilkada,” ujar Toto, Jum’at (21/6).

Penetapan pusat koordinasi ini dibuat setelah melakukan rapat terbuka dengan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lokasi dan hari yang sama.

“Kita dalam kapasitas memantau, bukan pelaksana. Kita hanya desk melihat apa yang kurangan kemudian membantu kekurang itu sebisa mungkin,” lanjut Toto.

Dalam hal ini, Toto menyiapkan tim yang terdiri dari sejumlah OPD di Pemprov untuk aktif berkoordinasi sejak tanggal 25 hingga proses penghitungan suara selesai.

Para OPD ini pun mendapat tugas di setiap daerah yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Mereka disuruh untuk mendampingi jika ada sejumlah petinggi dari pusat, untuk memantau langsung ke daerah,” paparnya.

Nantinya lanjut Toto, ruangan yang menjadi tempat kerja sehari-hari nya ini menjadi pusat informasi, baik terkait jumlah kecurangan, jumlah suara rusak hingga bagaimana penghitungan suara berlangsung. (*)


div>