SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Kapolda Dinilai Kurang Aktif

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 05 Juni 2017 11:32
Kapolda Dinilai Kurang Aktif

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono. foto: rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Lembaga Anti Commite Corruption (ACC) terus menyoroti kinerja penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel. Polda Sulsel dianggap tidak transaparan dan terkesan menutupi fakta dalam beberapa kasus besar yang ditangani.

“Pada kasus Kasus Laboratorium UNM misalnya, atau kasus Bandara Mangkendek, semuanya tidak ditangani serius, penyidik tidak mentersangkakan orang-orang yang memiliki peran strategis, nah mestinya kalau Kapolda punya komitmen minimal bisa mendorong, tapi toh sejauh ini kapolda pasif untuk merespon kasus korupsi,” tuding Badan Pekerja ACC Sulawesi, Wiwin Suwandi diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (5/6).

Menurut Wiwin, hal ini jika dibiarkan maka wibawa atau citra kepolisian di mata masyarakat akan redup.

“Sebagai pimpinan selama ini belum ada upaya serius mendorong kinerja penyidik Tipikor agar benar-benar bekerja sesuai amanat seragamnya. Makanya kami meminta agar kapolda jangan pasif, harus aktif mendorong kinerja penyidik tipikor dalam mengusut kasus-kasus tipikor yang menjadi perhatian masyarakat,” ungkap Wiwin.

Terpisah, Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI), Prof Hambali Thalib meminta Kapolda Sulsel lebih proaktif melihat semua kasus korupsi yang ditangani oleh bawahannya. Pasalnya kata Hambali, citra institusi Polda terlihat dari peran serta pimpinannya.

“Kalau mau lihat satu instansi, tentu kepalanya merupakan representasi, kalau atasannya sendiri tak mau berbuat, pasti anggotanya berbuat semaunya,” kata Hambali.

Menanggapi itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono mengatakan, Polda Sulsel dalam hal ini tim penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus sudah bekerja sesuai prosedur. Ia menyakini bahwa timnya berupaya menyelesaikan kasus-kasus korupsi yang ada di Sulsel.

“Kita berupaya semaksimal mungkin dan selalu sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Muktiono. (***)


div>