MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Kapolda Kaget Mengetahui Kondisi Kepolisian Di Toraja

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 13 September 2012 10:40

RAKYAT SULSEL . TANA TORAJA – Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Drs. Mudji Waluyo, melakukan serangkaian kunjungan kerja di Mapolres Tana Toraja, Rabu (12/9) kemarin. Kunjungan kali ini untuk memantau kinerja aparat kepolisian yang bertugas di Polres Tana Toraja serta memberikan motivasi pada anggotanya dan ingin melihat langsung kekuatan anggota di Polres Tana Toraja.

Selain memantau langsung kinerja aparatnya, Kapolda juga melakukan tatap muka dengan sejumlah masyarakat baik dari tokoh agama, tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda.

Saat memberikan sambutan Kapolda sempat mengaku kaget saat mendengar jumlah personil yang ada di Polres Tana Toraja yang hanya berjumlah 433 anggota dengan PNS 5 orang. Padahal yang mau dilayani ada dua kabupaten dengan jumlah penduduk lebih dari 500 ribu jiwa.

Dengan keterbatasan tersebut, maka didalam memberikan pelayanan keamanan 1 Polri melayani 1.326 orang, padahal untuk standar pelayanan menurut PBB yang telah diterapkan disejumlah negara seperti negara Jepang dan Amerika Serikat yakni, 1 polisi melayani 300 orang.

Dijelaskan bahwa pelayanan nanti bukan berada ditingkat Polres akan tetapi pada tingkat Polsek, hal ini sesuai dengan program Kapolri yang menginginkan setiap Polsek itu harus kuat, Polres harus besar, Polda merupakan kesatuan induk dan Mabes Polri merupakan kesatuan kebijakan dan strategi.

“Kini baru jelas kondisi polisi yang ada diwilayah kewenangan kapolda yang jauh dari kekurangan, tetapi meski begitu proses pelayanan keamanan kepada masyarakat jangan berhenti,” tegas Kapolda.

Kepada Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Kapolda Sulselbar meminta, agar membackup kepolisian dengan sebuah kebijakan terutama yang menyangkut masalah penyakit sosial.

“Sebuah pemerintahan dalam meningkatan kesejahteraan didalam masyarakat, harus memiliki rasa aman dan nyaman didalam setiap aktivitas masyarakat sehingga kesejahteraan itu akan terwujud,” ungkapnya. (k12/dj/C)


Tag
div>