JUMAT , 19 JANUARI 2018

Kapolda Perintahkan Awasi Bekas Kamp Pelatihan Terorisme

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 12 September 2012 10:01
Kapolda Perintahkan Awasi Bekas Kamp Pelatihan Terorisme

Kapolda Sulselbar Irjen Pol Mudji Waluyo tiba di Palopo disambut Kapolres Palopo AKBP Muh Fajaruddin, saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) diwilayah Luwu Raya.

Kapolda Sulselbar Irjen Pol Mudji Waluyo tiba di Palopo disambut Kapolres Palopo AKBP Muh Fajaruddin, saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) diwilayah Luwu Raya.

RAKYAT SULSEL . PALOPO – Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat, Irjen Pol Mudji Waluyo, meminta kepada masyarakat Luwu Raya yang meliputi Luwu, Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur, untuk mewaspadai aksi terorisme yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Menurut Mudji, masyarakat Kota Palopo secepatnya harus memberikan informasi jika ada dugaan atau tindakan terorosme dan segera melaporkan ke RT atau RW.

Jenderal bitang dua ini mengatakan, bahwa yang perlu diketahui yakni, soal pendatang yang masuk di Kota Palopo, agar bisa segera diketahui nama dan tujuannya berada di Kota Palopo. Termasuk segera melapor ke Polisi jika terjadi hal-hal yang dapat menganggu ketertiban dan keamanan.

“Jadi, di Luwu Raya memang pernah ada kamp pelatihan terorisme dan itu tetap dalam pengawasan kami. Kami juga ingatkan masyarakat untuk tetap waspada. Karena laporkan masyarakat sangat dibutuhkan jika terjadi hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan, angota kami akan bertindak cepat,” ujar Mudji kepada Rakyat Sulsel, dalam kunjungannya di Palopo, baru-baru ini.

Namun, berdasarkan informasi dari sumber yang enggan dikorankan namanya menyebutkan, jika kamp pelatihan yang pernah dibuka oleh jaringan teroris ini di Sulawesi Selatan memilih lokasi pegunungan. Di Sulsel sendiri, diketahui kamp pelatihan ini pernah dibuka di Walenrang, Kabupaten Luwu, dan di Siwa, Kabupaten Wajo.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar, Kombespol Chevy Ahmad Sopari, mengatakan, setelah berkunjung di Mapolres Palopo, Kapolda bersama rombongan menuju Polres Luwu dan kembali lagi ke Palopo dan langsung menuju Polres Toraja Utara, Polres Tana Toraja dan terkahir di Polres Enrekang.

“Kunjungan terkakhir di Polres Enrekang, selanjutnya Kapolda akan kembali ke Makassar,” kata Chevy.

Chevy menambahkan, salah satu agenda kunjungan Kapolda Sulselbar ke sejumlah daerah di Tana Luwu yakni, dalam rangka mengecek langsung kesiapan personel kepolisian di lapangan, terutama dalam mengantisipasi ancaman keamanan di daerah ini.

Meski tidak secara gamblang menyebutkan tentang agenda melawan terorisme, namun Chevy membenarkan, jika sesuai data intelejen yang dimiliki, aktifitas jaringan terorisme yang telah melakukan aksinya di Solo, beberapa waktu lalu, pernah membuka kamp pelatihan di Tana Luwu.

“Saya tidak bisa menyebutkan menyebutkan secara detail, karena itu kewenangan Kapolda, hanya saja karena baru saja tiba di Palopo, jadi beliau masih harus beritirahat dahulu,” ujarnya.

Meski begitu, Chevy mengatakan, beberapa titik yang diketahui pernah menjadi kamp pelatihan jaringan teroris ini masih dalam pemantauan kepolisian. (k14/dj/D)


Tag
div>