KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

Kartini dan Kejujuran

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 20 April 2016 11:22
Kartini dan Kejujuran

int

APRIL adalah bulan penting bagi kaum Perempuan dalam mengenang sosok Perempuan tangguh yang berjuang untuk memajukan kehidupan perempuan kearah yang lebi baik, memperingati hari Kartini setiap tanggal 21 April  menjadi momentum sejak  tahun 1964 dengan dikeluarkannya  Surat Keputusan President No 108 tahun 1964.

Untuk sebuah gerakan perjuangan yang dilakukan Kartini tentu tidak terlepas dari esensi memajukan kehidupan perempuan disegala lini, hal ini dapat dilihat dari buku Panggil Aku Kartini Saja  karya Pramoedya Ananta Toer mengungkapkan “ Kartini adalah  orang pertama  dalam sejarah bangsa Indonesia yang menutup zaman tengah, zaman feodalisme pribumi  yang “sakitan” menurut istilah Bung Karno.

Mengenang kartini sebagai sosok perempuan inspiratif dan dikenang setiap tahun dengan cara berbeda , di awal perjuangan Kartini  berikhtiar seperti Cuplikan Surat Kartini Kepada  Nyonya Abendanon, 12Desember 1902  “ Kami beriktiar supaya kami teguh sungguh,  sehingga kami sanggup diri sendiri, menolong diri sendiri. Menolong diri sendiri itu kerap kali lebih  sukar dari Pada menolong orang lain. Dan siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain.

Dalam konteks kekinian tentu saja cara berjuang akan berbeda dengan tujuan yang sama. Bangsa kita dalam kondisi darurat dalam hal pemberantasan korupsi , Selain penindakan yang tegas juga harus dibarengi dengan pencegahan. Dan keluarga menjadi pilar yang utama untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam keluarga. Disinilah relevansi semangat dan cita-cita kartini mesti ditumbuhkan.

Kejujuran menjadi nilai yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak terkecuali di dalam konteks rumah tangga, kejujuran adalah semangat yang dibutuhkan sebagai fundamental membangun peradaban yang demokratis.

Kejujuran dan Integritas yang tinggi menjadi penting dalam mendidik anak-anak. Untuk merubah bangsa yang lebih baik harus dimulai dari hal yang kecil sehingga dalam kurung waktu tertentu Indonesia sudah bisa menjadi Negara yang lebih bersih dan bebas dari Korupsi.

[NEXT-RASUL]

Perayaan Kartini tahun 2016 yang bertepatan dengan Hari Ulang tahun yang ke 3 Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) yang akan diperingati serentak oleh perwakilan  perempuan dalam gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK ) di seluruh Indonesia, dan untuk perayaan secara besar-besaran akan dilaksanakan di Tugu Monas pada tanggal 21 April 2016 yang mengambil tema MULAI JUJUR DARI SEKARANG  … ajakan untuk jujur tidak  membutuhkan waktu tertentu, kapan saja dan dimana saja mari kita memulai untuk berkata JUJUR

Pada perayaan ini sejumlah perempuan yang berasal dari seluruh Indonesia berkumpul di Tugu Monas untuk mengikrarkan diri memulai Kejujuran dari Sekarang, ikhtiar ini sebagai lanjutan ikhtiar kartini untuk membebaskan perempuan dari keterpurukan, perempuan harus bangkit mengisi pembangunan bangsa dengan menciptakan generasi muda yang dididik sejak dini dengan Nilai-nilai Kejujuran dan Integritas.

Selamat Hari Kartini dan Selamat Ulang Tahununtuk gerakan  Saya Perempuan Anti Korupsi ( SPAK ) semoga tekad membangun Indonesia lebih baik melalui Pencegahan Korupsi dapat diwujudkan .


Tag
div>