SENIN , 18 DESEMBER 2017

Kasmawati Tambah Jumlah Pengajar UMI yang Bergelar Doktor

Reporter:

Irsal

Editor:

Muh Sophian AS

Selasa , 14 November 2017 21:10
Kasmawati Tambah Jumlah Pengajar UMI yang Bergelar Doktor

Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Kasmawati Waspada, berfoto bersama tim penguji dalam sidang promosi doktor di gedung PPs Unhas, Selasa (14/11).

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Ujian terbuka promosi doktor diselenggarakan oleh pasca sarjana Univeristas Hasanuddin (Unhas) di gedung PPs lantai dua, Selasa (14/11).

Program pasca sarjana Unhas meluluskan Doktor untuk program studi ilmu pertanian atas nama Kasmawati Waspada.

Kasmawati merupakan salah satu dosen di Universitas Muslim Indonesia (UMI) makassar, dia meraih gelar tersebut setelah mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul Analisis Hasil Tangkapan dan Nilai Ekonomi Bagan Tancap pada Beberapa Tipe Ekosistem di Pantai Barat Sulawesi Selatan.

Dalam penelitiannya, Kasmawati membantah anggapan masayarakt unum bahwa menangkap ikan dengan menggunakan bagan tancap dapat merusak lingkungan terlebih pada ekosistem karang. Dalam penelitiannya, dia memparkan bahwa persoalan perusakan lingkungan hanya terjadi ketika tidak ada aturan penetapan bagan. “Perusakan lingkungan hanya terjadi saat nelayan amburadul dalam menempatkan bagannya. Nah, dalam hal ini pemerintahlah yang harus mengeluarkan aturan untuk penataan bagan tancap,” beber Kasmawati.

Dengan adanya penelitian ini, dia berharap nelayan bagan tancap tetap dilestarikan, dan pemerintah bisa memperhatikan penataan bagan. “Jadi bagan tancap jangan dihilangkan, tapi penataannya diatur sedemikian rupa, pemerintah harus memberikan peluang kepada nelayan sehingga pendapatan nelayan dari bagan tancap tidak terganggu,” tambahnya.

Adapub yang menjadi tim penguji dalam sidang promosi doktor tersebut adalah Prof Natsir Nessa, Prof Sudirman, Prof Nadjamuddin, Prof Daniel, Prof Sutina Made, Prof Syamsu Alam, Prof Budimawan, Prof Muhammad Kurnia.

Kasmawati Waspada berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan penguji dengan mendapatkan predikat sangat memuaskan dan berhak atas gelar doktor.

Selain itu, Rektor UMI, Prof Masrurah bangga dengan perolehan predikat doktor salah satu tenaga pengajarnya. “Ya, kami bangga atas pencapaian Kasmawati, dengan gelar doktornya, hampir semua tenaga pengajar di fakultas pertanian UMI, sudah doktor semua,” tuturnya. (*)

 


div>