RABU , 22 AGUSTUS 2018

Kasus Abu Tours, Pekan Ini Polda Gelar Perkara

Reporter:

Ramlan Makkaratang

Editor:

asharabdullah

Selasa , 20 Maret 2018 12:00
Kasus Abu Tours, Pekan Ini Polda Gelar Perkara

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. Dicky Sondani

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Progres Kasus Abu Tours ditangan penyidik Subdit II Fismondev Direktorat Kriminal Khusus terus berlanjut. Dalam penyidikan kasus ini, diketahui pihak kepolisian telah memeriksa CEO Biro perjalanan umroh dan haji Abu Tours Muh. Hamzah Mamba. Di mana usai menjalani pemeriksaan, ia bernjanji kepada penyidik jika akan memberangkatkan sebanyak 7.000 jemaah diantara belasan ribu jemaah yang batal diberangkatkan.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel Kombes Pol. Dicky Sondani mengungkapkan perkembangan dari penanganan kasus Abu Tours terus berlanjut. Hanya saja, penyidik belum menetapkan tersangka perihal kasus tersebut.

“Perkembangan Abu Tours sampai hari ini kita belum tetapkan tersangka, minggu ini akan ada gelar perkara. Abu tours itu juga nanti akan diklarifikasi oleh Departemen Agama,”urainya, Senin (19/3)

Lebih lanjut, Dicky menambahkan, Departemen agama akan mengklarifikasi perihal kasus Abu Tours. Selain itu ia menyebutkan pihaknya juga telah meneliti sejumlah aset Abu Tours.

“Departemen agama akan melakukan klarifikasi terhadap Abu Tours, baru itu dulu perkembangan Abu Tours. Kita sudah meneliti juga aset-aset Abu Tours,” katanya

Menurutnya, meski Abu Tours telah memberangkatkan ribuan jemaah, namun hal itu tidak menghambat proses penaganan kepenyidikan. Telebih, mengingat jumlah jemaah yang urung diberangkatkan se- Indonesia masih sebanyak puluhan ribu jemaah.

“Memang sudah ada yang berangkat tapi kan masih puluhan ribu yang belum berangkat. Di seluruh indonesia masih banyak tunggakan Abu Tours itu,” terangnya

Selain itu, kata Dicky, maklumat yang dilakukan CEO Abu Tours Hamzah oleh Penyidik, tidak diberikan tenggat waktu yang ditentukan untuk membetangkatkan jemaah.

Hanya saja, lanjut Dicky, penyidik akan kembali melakukan pemanggilan terhadap CEO Abu Tours Muh. Hamzah Mamba untuk proses pemeriksaan berikutnya. Di mana pemeriksaan ini, CEO Abu Tours Hamzah diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi.

“Kita tidak ada deadline yang penting yang akan diberangkatkan, berangkatkan, yang masih proses, proses juga. Dan nanti CEO-nya akan kita panggil lagi,” pungkasnya. (*)


div>