RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Kasus Bandara, Empat Saksi Diperiksa

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 16 Mei 2017 10:45
Kasus Bandara, Empat Saksi Diperiksa

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Penyidik bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar berkomitmen menuntaskan kasus dugaan korupsi pembebasan lahan proyek perluasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros.

Terbaru, penyidik kembali memanggil dua saksi baru yaitu seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) BPN Maros sekaligus Bendahara Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Nasrianty Naim dan Notaris Sri Wulandari di Kantor Kejati Jl Urip Sumihardjo, Senin (15/5).

Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sulselbar, Salahuddin mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap bendahara P2T untuk dimintai keterangan alur pengeluaran dana dalam pembebasan lahan Bandara Sultan Hasanuddin.

“Tugas bendahara kan otomatis berbicara mengenai uang, dia kan (Nasrianty Naim) bendahara P2T di sini. Pasti tim menelusuri apakah benar satuan tugas (satgas) yang dibentuk sudah menerima kewajibannya dan ini penting buat tim penyidik mengetahui itu,” ujar Salahauddin diberitakan Rakyat Sulsel, Selasa (16/5).

Selain bendahara, penyidik juga memeriksa bagian notaris karena dalam temuan ada akta-akta notaris yang tercantum pada berkas pemeriksaan.

“Ada akta-akta notarisnya dan itu juga perlu diklarifikasi benar atau tidak, jangan sampai disitu ada indikasi pemalsuan akta notaris dan harus dicek, kita tidak boleh biarkan keberadaan akta notaris lalu tidak dilakukan pengecekan,” lanjutnya.

Selain pemeriksaan dua saksi itu, Salahuddin juga mengaku ada pemeriksaan saksi lain yaitu mantan Camat Tallo, Andi Zainal Abidin dan mantan Lurah Buloa Ambo Tuwo Ahmad.

“Kita fokus ke lima tersangka oknum BPN Maros agar progres berkas bisa cepat rampung dan dilakukan tahap dua oleh penyidik. Kalau Jaksa Penuntut Umum (JPU) nya berpendapat kalau secara materil dan formil sudah memenuhi syarat untuk dilimpahkan ke tingkat penuntutan,” ujar Salahuddin. (***)


div>