SELASA , 16 OKTOBER 2018

Kasus TB Meningkat, Dinas Kesehatan Parepare Intens Survei dan Investigasi

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Selasa , 31 Juli 2018 18:18
Kasus TB Meningkat, Dinas Kesehatan Parepare Intens Survei dan Investigasi

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Kasus penyakit Tubercle Bacillus (TB) di Parepare diprediksi meningkat tahun ini. Dsri data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan, pada 2017 lalu jumlah penderita TB yaitu 336 kasus, sementara Januari hingga Juni 2018 terdapat 202 kasus. Angka ini diprediksi meningkat hibgga 400 pada akhir tahun mendatang.

Untuk menekan penyakit menular ini, Dinas Kesehatan Kota Parepare rutin menggelar sosialisasi, dan cermat turun ke tengah-tengah warga melakukan survei dan investigasi penularan penyakit ini.

Hal tersebut dikemukakan Pengelola Program TB Dinas Kesehatan Parepare, Bakri saat sosialisasi TB di Hotel Bukit Kenari Parepare, Selasa, (31/7/2018).

“Teman-teman dari Puskesmas juga akan turun langsung ke rumah pasien yang terundikasi TB untuk melakukan survei dan investigasi, apakah ada orang lain yang tertular. Jika ada maka akan dilakukan penanganan oleh pihak puskesmas,” ujarnya.

“Tahun 2017 ada 336 kasus TB. Nah untuk semester satu tahun 2018 sudah ada 202 kasus. Diperkirakan hingga Desember akan meningkat menjadi 400 kasus. Hal itu karena tahun lalu kami hanya mengambil data dari puskesmas dan rumah sakit yang diajak kerjasama. Namun tahun ini, kami menyisir semua data mulai dari puskesmas, RS, dan dokter praktek,” lanjut Bakri.

Untuk menekan jumlah TB kata dia, semua pihak harus terlibat.

“Jadi jika masyarakat ada keluarganya yang sudah mengalami batuk satu sampai dua minggu segera bawa pasien untuk periksa ke Puskesmas. Karena satu orang yang mengidap TB akan menularkan 10 sampai 15 orang. Untuk pengobatan sendiri mulai 6 bulan, bahkan 2 tahun. Kemudian, jaga pola hidup sehat, rajin olahraga, dan ventilasi rumah harus ada,” harapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, seluruh Puskesmas dan Rumah sakit di Parepare menerima pasien yang mengidap TB. (MP1)


div>