JUMAT , 20 JULI 2018

Kasus Tiga Kurir Sabu 10 Kg Masuk Kejaksaan, Pemilik Buron

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Rabu , 24 Februari 2016 20:34

PAREPARE, RAKYAT SULSEL,RAKYATSULSEL.COM – Polres Parepare akhirnya menyerahkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus penangkapan kurir dan barang bukti sabu-sabu sebanyak 10 kilogram ke Kejaksaan Negeri Parepare, Rabu (24/2). Kasus itu sementara ini menyeret tiga orang tersangka yang berperan sebagai kurir sabu tersebut.

Kapolres Parepare AKBP Alan Gerrit Abast membenarkan jika SPDP kasus tersebut telah dikirim ke Kantor Kejari. Polres melimpahkan kasus itu dengan tiga orang tersangka, masing-masing Makmur, Nusu alias Yusuf dan Hartono. “Sudah kita kirim. Ketiga tersangka dijerat pasal berlapis 113, 132, 115, 114 dan 135 Undang-undang Narkotika Nomor 35 tahun 2009,” singkatnya, Rabu, (24/2).

Ketiga tersangka mengakui pemesan sabu 10 kilogram itu adalah warga Kadidi, Sidrap bernama La Nonding. Pria itu kini berstatus buron Polda Sulselbar, usai melarikan diri sejak kasus itu terekspose. “Yah itulah plus minusnya jika kasus cepat terekspose. Disisi lain pelaku bisa lebih cepat melarikan diri atau mengantisipasi penangkapan selanjutnya,” akunya.

Sementara Kajari Parepare, Risal Nurul Fitri membenarkan pihaknya telah menerima SPDP kasus sabu terbesar yang pernah ditangani Parepare, sejak 10 tahun terakhir. “SPDP-nya sudah kami terima mengenai penangkapan sabu seberat 10 kg itu. Kami sementara telaah,” jelasnya.

Risal mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kepolisian guna barang bukti 10 kilogram sabu yang disita, untuk secepatnya dilakukan pemusnahan setelah proses kasusnya selesai. Sabu itu sendiri diketahui merupakan sabu murni yang belum dioplos, setelah melalui penelitian di Laboratorium Polda Sulselbar. “Berbahaya kalau barang bukti disimpan terlalu lama,” katanya.

Sebelumnya, kasus yang menyeret tiga orang tersangka sebagai kurir sabu-sabu sebanyak 10 kg asal Malaysia ini digrebek satuan intelkam Polres Parepare di Jalan Lasiming, dan satu lagi kurir di Kabupaten Sidrap.


div>