SABTU , 20 OKTOBER 2018

Kasus Yusniar, Kejati Tempuh Kasasi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 17 April 2017 10:31
Kasus Yusniar, Kejati Tempuh Kasasi

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKSUL – Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar, Salahuddin menegaskan sikap kejaksaan terkait vonis bebas terdakwa kasus dugaan pencemaran nama baik, anggota DPRD Jeneponto, Yusniar.

Salahuddin menegaskan, pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus ini telah memutuskan menempuh upaya hukum Kasasi.

“Kami sedang mempersiapkan upaya kasasi. Kami masih punya waktu untuk menyatakan sikap,” ujar Salahuddin diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (17/4).

Salahuddin menambahkan bahwa pengajuan kasasi kejaksaan atas kasus Yusniar merupakan pembelajaran untuk menguji kasus ini di pengadilan yang lebih tinggi. “Kami belum baca pertimbangan dari majelis hakim sehingga membebaskan Yusniar. Saya belum bisa berkomentar lebih,” ujar Salahuddin.

Sebelumnya, pada sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Selasa (11/4) lalu, Majelis Hakim yang diketuai Kasianus didampingi hakim anggota Budiyansyah dan I Made Subagia berpendapat status yang diunggah terdakwa di akun facebook merupakan Curahat Hati (Curhat) setelah melihat rumah orang tuanya dieksekusi.

Olehnya itu, Kasianus menganggap bahwa kasus Yusniar yang ditanggapi berdasarkan ahli bahasa yang mengatakan kalimat yang ditulis oleh Yusniar adalah kalimat yang digunakan dalam kehidupan sehari-harinya yang menggambarkan ia sedang berbicara dengan dirinya sendiri.

“Postingan terdakwa tidak menulis identitas dan nama seseorang, melainkan hanya menyebut anggota DPR atau pengacara. Apakah tulisan terdakwa tersebut tertuju pada Sudirman Sijaya. Kami telah mempertimbangkan pendapat ahli yang menyatakan bahwa postingan tersebut belum memenuhi unsur penghinaan karena tidak menyebut nama seseorang,” kata Kasianus. (***)

 


div>