RABU , 14 NOVEMBER 2018

Kebakaran Warnai Peringatan HUT Damkar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 06 Maret 2017 12:09
Kebakaran Warnai Peringatan HUT Damkar

Nampak petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sidrap melakukan pemadaman api pada simulasi yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar di lapangan Upacara Kompleks SKPD Kabupaten Sidrap, Senin (6/3). foto: hamsah/rakyatsulsel.

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Kebakaran tiba-tiba terjadi beberapa saat seusai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di lapangan Upacara Kompleks SKPD Kabupaten Sidrap, Senin (6/3).

Sontak petugas Damkar yang siaga dengan mobil pemadamnya di pinggir lapangan langsung turun melakukan pemadaman. Seseorang dipapah keluar dari kobaran api saat api perlahan sudah mulai padam.

Pemandangan itu merupakan bentuk simulasi aksi pemadam kemabakaran yang dilakukan petugas Damkar. Simulasi ini sempat menjadi tontonan peserta upacara.

Tim Damkar memperlihatkan kecekatan mereka dalam melakukan upaya pemadaman dan penyelamatan korban. Terutama dalam menggunakan fasilitas Damkar yang ada.

“Itu tadi bentuk simulasi yang biasa anggota lakukan di lokasi saat terjadi kebakaran. Kita menunjukkan seperti apa fungsi dari alat-alat pemadam termasuk mobil pemadam yang kita miliki,” ujar Jimmi Harun, Kepala Bidang Damkar, Dinas Pemadam Kebakaran dan Satpol PP.

Selama ini, lanjut Jimmy, untuk melatih ketangkasan anggotanya di lapangan, Tim Armadam Damkar aktif berlatih dan menggelar simulasi.

“Latihan rutin itu kita lakukan agar anggota tidak kaku saat terjadi musibah kebakaran,” jelasnya. (***)


div>