SELASA , 18 DESEMBER 2018

Kecamatan Bacukiki Bakal Launching Program Simpel

Reporter:

doelbeckz

Editor:

Rabu , 13 April 2016 21:41
Kecamatan Bacukiki Bakal Launching Program Simpel

Staf Kecamatan Bacukiki sedang membuka aplikasi Simple. Aplikasi ini akan dilaunching dalam waktu dekat ini. foto: rahmaniar/rakyat sulsel.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dalam mewujudkan visi sebagai kecamatan terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat, Kecamatan Bacukiki berinovasi dalam waktu dekat akan melaunching program berbasis elektronik yang disebut Simpel (Sistem Pelayanan Informasi).

Kecamatan yang memiliki luas wilayah 79,70 kilometer persegi dan berpenduduk 14. 787 jiwa menjadi pelopor program berbasis IT yang dapat mengapdate secara otomatis data kependudukan dan dapat memudahkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

“Program ini dapat mengakses data serta mempercepat proses pendataan penduduk yang ada di Kecamatan Bacukiki. Program simpel ini juga akan mengapdate jumlah data penduduk secara otomatis,” ujar HM Iskandar Nusu, Camat Bacukiki, Rabu (13/4).

Mantan Kabag Humas Setdako Parepare ini, menjelaskan, data penduduk yang pindah maupun meninggal dunia akan berubah secara otomatis pada saat pihak kelurahan mendapatkan keterangan dari pihak keluarga atau yang bersangkutan.

Selain itu, aplikasi simpel dapat pula memudahkan segala pengurusan administrasi penduduk karena telah dilengkapi sejumlah administrasi kependudukan yang dibutuhkan penduduk dalam mengurus administrasi atau surat keterangan, yaitu dengan cara memasukkan nomor induk kependudukan yang dimiliki.

“Aplikasi simpel ini juga mampu mengelompokan jenis pekerjaan penduduk, sehingga dapat membantu pendataan untuk mengklasifikasi warga kurang mampu. Selain itu, aplikasi ini akan terus terapdate seterusnya bahkan umur dari masing-masing penduduk di Kecamatan Bacukiki akan bertambah secara otomatis pada tahun berikutnya,” urai Iskandar, sapaan pria yang dinobatkan sebagai Camat Terbaik di Kota Parepare ini.

Program ini, kata Iskandar, diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Bacukiki. Selain itu, aplikasi ini pula terkoneksi langsung dengan data di setiap kelurahan yang dinaunginya. “Sebab masing-masing kelurahan memiliki aplikasi yang sama, sehingga data kelurahan dan kecamatan terkoneksi dengan baik via online,” jelasnya. (***)


Tag
div>