JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Kecamatan Bacukiki Gelar Bimtek Penyusunan Rencana Kerja

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 30 Mei 2017 15:26
Kecamatan Bacukiki Gelar Bimtek Penyusunan Rencana Kerja

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Kecamatan Bacukiki menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Kerja (Renja), di Aula Kantor Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Selasa (30/05/2017). Bimtek diikuti seluruh para pejabat struktural dan fungsional dalam lingkup Kecamatan Bacukiki dan dibuka oleh Camat Bacukiki, Iskandar Nusu.

Adapun yang membawakan materi Bimtek yaitu, Kepala Sub Bidang (Kasubid) Ekonomi dan Keuangan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, A.M. Dirham, Kasubid Data, Pengembangan dan Evaluasi Program Bappeda Parepare, Zainal, serta Kasubid Sumber Daya Manusia Bappeda Parepare, Syarifullah.

Iskandar mengatakan, bimtek tersebut, dilaksanakan guna memberikan pemahaman bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya dalam lingkup Kecamatan, untuk membuat suatu usulan program dan kegiatan, yang akan dilaksanakan.

“Selain itu, bertujuan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam menyusun Renja, dan sebaga pedoman kerja selama periode satu tahun,” katanya.

Dia menjelaskan, pentingnya bimtek tersebut, supaya para ASN punya pengetahuan dasar, dalam membuat program dan kegiatan untu menerjemahkan perencanaan strategis lima tahunan, yang dituangkan dalam Renja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sifatnya lebih operasional.

[NEXT-RASUL]

“Renja OPD merupakan dokumen perencanaan yang memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan dalam lingkungan OPD masing-masing,” jelasnya.

Dia mengemukakan, dokumen Renja dalam suatu OPD, memang sangat penting. Kami, kata dia, di dalamnya berisi pedoman kegiatan pembangunan, yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah, maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.

“Saya berharap, dengan diselenggarakannya Bimtek Penyusunan Renja ini, menjadi kegiatan dasar yang dilakukan oleh pimpinan ke depannya, dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kecamatan Bacukiki, dalam rangka mencapai tujuan yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai,” ungkapnya.  

Sementara, salah seorang narasumber Bimtek, A.M. Dirham, menuturkan, pihaknya mengapresiasi atas pelaksanaan Bimtek Penyusunan Renja yang dilaksanakan oleh Kecamatan Bacukiki. Apalagi, katanya, para peserta sangat antusias mengikuti materi yang diberikan. Terlebih, lanjut dia, kegiatan tersebut penting untuk meningkatkan kualitas perencanaan khususnya pada Kantor Kecamatan.

“Juga yang terpenting, untuk meningkatkan kinerja para Kepala Seksi (Kasi) dalam penyusunan dokumen perencanaan,” tandasnya. (luk)


Tag
div>