SELASA , 17 JULI 2018

Kecamatan Makassar Fokus Penataan Taman

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 13 Januari 2018 10:45
Kecamatan Makassar Fokus Penataan Taman

Logo Pemkot Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kecamatan Makassar Kota Makassar memiliki program andalan untuk dilakukan di tahun 2018 yakni penataan taman yang tersebar pada beberapa titik yang ada di Kecamatan Makassar.

Seperti diketahui, Kecamatan Makassar sebagai kecamatan yang berada di tengah Kota Makassar memiliki luas 2,5 km persegi dengan 14 Kelurahan dan 368 RT/RW serta dihuni sekitar 105 ribu jiwa.

Terkait hal itu, Camat Makassar, H Ruly mengatakan sesuai dengan himbauan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar ditahun 2018 akan menggenjot dari segi sektor pariwisata dan pembangunan infrastruktur. Olehnya itu, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Makassar, memiliki cara tersendiri dalam mendukung apa yang menjadi himbauan Pemkot Makassar.

“Iya kita di Kecamatan Makassar akan membenahi semua taman-taman yang menjadi bagian dari Kecamatan Makassar untuk itu kami telah berkoordinasi dari 14 lurah agar dapat mendukung apa yang menjadi himbauan Pak wali,” kata Ruly, Jumat (12/1) kemarin.

Selain berkoordinasi dengan seluruh lurah di Kecamatan Makassar, kata Ruly, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan seluruh RT/RW dengan tujuan tidak lain untuk menciptakan keindahan terutama kebersihan karena Kecamatan Makassar merupakan kecamatan berada tengah Kota.

“Jadi kami sudah perintahkan lurah dan RT/RW bagaimana menciptakan keindahan terutama kebersihan sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan dan kebersihan Kecamatan Makassar sebaik mungkin,” jelasnya.

Ia mengatakan Kecamatan Makassar pada dasarnya tidak memiliki taman yang luas hanya taman yang berada pada pertengahan jalan walaupun terbilang sempit tapi keindahan taman ini tetap diprioritaskan karena kedepan jika ada wisatawan hanya lewat tetapi mereka bisa nikmati keindahan taman tersebut.

“Kebetulan taman itu kita dipertengahan Jalan Veteran itu sekitar 2 kilometer, di Jalan Urip Sumoharjo 1,9 Kilometer, di depan Kantor Gabungan Dinas Kota Makassar dari Awal Bros,” ungkapnya.

Ia juga mengaku untuk saat ini taman bunga yang sementara ini benahi yakni sepanjang Jalan Veteran, dengan beberapa tanaman bunga seperti bonsai, pucuk merah, palm.

“Kita sudah tanam beberapa tanaman bunga sepeti tanam palm merah, pucuk merah dan sudah full ini, tinggal kita perindah lagi dengan ditanami berbagai macam bunga-bungan baik yang berbunga ataukah rumput-rumput sehingga disetiap sudut itu kita sudah bisa liat,” jelasnya.

Selain itu, kata Ruly, beberapa program sosial Pemerintah Kota Makassar yang terus di runcingkan di Kecamatan Makassar yakni Home Care, 112 dan masih banyak yang lain.

“Saya kira seluruh program Pemkot Makassar ini dalam hal Pak Wali saya lihat semuanya lebih menyentuh masyarakat kalangan bawah seperti Lihat Sampah Ambil (Lisa), Home Care, Badan Usaha Lorong (BULo) dan program ini kami siap terus kami lakukan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk pengelolaan sampah di Wilayah Kecamatan Makassar, sejauh ini reduksi sampah yang dilakukan mencapai 4 ton Per hari. “Transaksi saya tidak tahu tapi saya lihat sangat lumayan untuk dinikmati warga Makassar,” pungkasnya. (*)


div>