MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Kecamatan Tamalate Sosialisasi Pengelolaan Bank Sampah

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 25 April 2016 21:25

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kecamatan Tamalate bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Yayasan Peduli Negeri (YPN), menggelar sosialisasi pengelolaan Bank Sampah di Aula lantai 3, Kantor Kecamatan Tamalate, Senin (25/4).

Ketua panitia sosialisasi, Ruslan Yusuf, mengatakan, tujuan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola Bank Sampah secara baik dan benar, memupuk jiwa gotong royong serta meningkatkan taraf hifup dan kesehatan masyarakat. “Sekaligus mewujudkan program MTR (Makassarta’ Tidak Rantasa) dan Makassar dua kali tambah baik,” ujarnya.

Ruslan menjelaskan, penanganan masalah persampahan di Kota Makassar jika tidak ditangani dengan benar maka akan menjadi masalah besar.

Di Kecamatan Tamalate dengan jumlah penduduk mencapai 210 ribu jiwa menghasilkan jumlah sampah dalam sehari mencapai 60 ton atau 300 meter kubik.

“Atau sama dengan sekitar 50 truk sampah perhari dihasilkan di Kecamatan Tamalate,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi jumlah yang sangat besar tersebut, maka optimalisasi penanganan dan pengelolaan Bank Sampah harus dikelola dengan maksimal. Jika dikelola dengan baik maka jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dapat diminimalisir.

Jumlah peserta dalam sosialisasi ini berjumlah 90 orang, terdiri dari ketua RW, dan Tokoh Masyarakat yang merupakan utusan dari setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Tamalate.

Senada, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Akbar Yusuf, dalam sambutannya mewakili Camat Tamalate, mengatakan, Walikota Makassar berkeinginan memperbaiki pola pikir masyarakat. Selama ini banyak masyarakat menganggap sampah adalah musuh, padahal jika dikelola dengan baik, sampah akan memberikan manfaat diantaranya menjadi barang yang bernilai ekonomi atau sumber mata pencaharian.

“Atas dasar itulah maka kami melaksanakan sosialisasi ini, dengan menghadirkan pemateri terbaik,” katanya. Hadir sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut, Ketua YPN, Saharuddin Ridwan dan Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Kebersihan, Andi Iskandar.


Tag
  • bank sampah
  •  
    div>